Perang Palestina-Israel Kian Panas, Ini Harapan Sondos Jehad Shnewra, Mahasiswa Asal Gaza yang Kuliah di UM Surabaya

  • Home -
  • News -
  • Perang Palestina-Israel Kian Panas, Ini Harapan Sondos Jehad Shnewra, Mahasiswa Asal Gaza yang Kuliah di UM Surabaya
Gambar Berita Perang Palestina-Israel Kian Panas, Ini Harapan Sondos Jehad Shnewra, Mahasiswa Asal Gaza yang Kuliah di UM Surabaya
  • 14 Oct
  • 2023

Sondos Jehad Shnewra mahasiswa asal Gaza Palestina yang kuliah di UM Surabaya (Humas)

Perang Palestina-Israel Kian Panas, Ini Harapan Sondos Jehad Shnewra, Mahasiswa Asal Gaza yang Kuliah di UM Surabaya

Sondos Jehad Shnewra adalah mahasiswa semester satu asal Gaza Palestina yang sedang menempuh studi Pascasarjana di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) lewat bantuan beasiswa Lazismu Jatim. Sondos lahir dan tumbuh menjadi anak yang dibesarkan di Gaza Palestina.

“Sebagai anak yang tumbuh dan besar di Gaza, saya punya trauma yang mendalam. Saya melihat kematian perempuan dan anak-anak kecil begitu mengerikan,”ujar Sondos Sabtu (14/10/23)

Di tengah tragedi Palestina yang terjadi hari ini, ia mengaku cemas dengan kondisi orang tuanya yang tinggal di Gaza.

“Terakhir komunikasi kemarin masih baik-baik saja, sekarang nggak bisa komunikasi karena internet diputus,”ujarnya dengan menitikan air mata. 

Menurut pengakuannya, keputusannya mengambil studi di Indonesia juga atas dukungan orang tuanya. Ia memilih Indonesia karena menganggap Indonesia sebagai negara yang aman dan selalu mendukung Palestina. Sondos megaku bahwa kakaknya laki-laki juga tengah menyelesaikan studi di Indonesia. 

Sondos berharap akan datang hari di mana negaranya terbebas dari ancaman dan tawanan musuh. Ia ingin masyarakat Gaza bisa menjalani hari-hari yang damai dan tentram. Tak dipungkiri, saat ini ia merasa sedih dan meminta doa kepada masyarakat Indonesia.

"Merasa sedih karena kondisi saat ini banyak korban dan juga banyak kejadian. Internet tidak bisa, nggak bisa menghubungi keluarga. Berharap supaya negara lain bisa ikut membantu. Saya minta doa kepada masyarakat Indonesia," pintanya lagi. 

Saat ditanya targetnya setelah ia lulus, Sondos berharap bisa menjalani kehidupan yang damai dan tentram bersama orang-orang baik, dan mendapatkan pekerjaan yang baik serta tinggal di negara yang membantunya dan memberinya beasiswa serta membuat nama baik di Indonesia sebagai orang Palestina.