Cerita Si Kembar Dlani dan Rizqi, Mahasiswa Asal Sumenep Madura yang Kompak Diterima di FK UM Surabaya

  • Home -
  • News -
  • Cerita Si Kembar Dlani dan Rizqi, Mahasiswa Asal Sumenep Madura yang Kompak Diterima di FK UM Surabaya
Gambar Berita Cerita Si Kembar Dlani dan Rizqi, Mahasiswa Asal Sumenep Madura yang Kompak Diterima di FK UM Surabaya
  • 19 Sep
  • 2023

Foto Hamdan Rizqi dan Syukron Rizqi mahasiswa FK UM Surabaya (Humas)

Cerita Si Kembar Dlani dan Rizqi, Mahasiswa Asal Sumenep Madura yang Kompak Diterima di FK UM Surabaya

Selalu ada yang unik pada perkenalan mahasiswa baru, salah satunya pada pembukaan Mastama, Ordik dan Ekspo (MOX) di UM Surabaya tahun 2023. Dua mahasiswa kembar yang menginspirasi tersebut berasal dari Fakultas Kedokteran (FK). Mereka adalah Hamdan Rizqi Ramdlani dan Syukron Rizqi Ramdlani mahasiswa asal Dusun Battangan, Desa Gapura Timur, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur. Mahasiswa yang dipanggil Dlani dan Rizqi tersebut mengaku bahwa sejak kecil keduanya bercita-cita menjadi seorang polisi, namun cita-cita berubah seiring berjalannya waktu.

“Jadi orang tua kami kebetulan adalah tenaga kesehatan yang berprofesi sebagai perawat di puskesmas di Sumenep, saat Covid-19 kami melihat perjuangan keduanya, entah mengapa kejadian Covid membuat kami ingin menjadi seorang dokter,”ujarnya Senin (18/9/23)

Menurut pengakuannya, mimpinya menjadi seorang dokter juga sangat di support oleh kedua orangtuanya. Sejak kecil rupanya keduanya selalu bersekolah di tempat yang sama. Hal tersebut diungkapkan Rizqi.

“Jadi sejak TK hingga SMA saya sekolahnya sama. Keuntungannya bisa sering kerjasama saat mengerjakan tugas di sekolah. Alhamdulillah tidak pernah bosan,”ujar Rizki.

Rupanya saat menjadi siswa di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep keduanya juga aktif mengikuti berbagai ajang kompetensi. Berikut rinciannya. 

Prestasi Hamdan Rizqi Ramdlani 

- Juara 3 Lomba Bahasa Arab Tingkat Kabupaten, Forum MGMP Bahasa Arab se- Indonesia 2022.

- Spesial Award 5 Busines Plan ME-Award PWM Jawa Timur tahun 2022

- Spesial Award 1 Business Plan ME-Award PWM Jawa Timur tahun 2022

- Juara 1 Mural Kabupaten Sumenep, 2022

- Nilai rapot tertinggi kelas IPA

Prestasi Syukron Rizqi Ramdlani

- Juara 1 Busines Plan ME-Award PWM Jawa Timur tahun 2021

- Paskibraka Kabupaten Sumenep Tahun 2021

Keduanya juga menceritakan, saat ia menjadi mahasiswa baru di FK UM Surabaya, rupanya ia kerap mengalami kejadian lucu lantaran beberapa temannya acapkali salah memanggil. Saat ditanya mengenai plan jangka pendek dan jangka panjang, dalam waktu dekat keduanya tidak ingin mengecewakan kedua orangtuanya, keduanya ingin mendaptkan IPK yang bagus. Keduanya juga ingin lulus tepat waktu dan mendapatkan nilai cumlaude.

Saat ditanya apa yang menjadi motivasinya hari ini Rizki mengatakan, "Sesungguhnya apapun yang kita hadapi sekarang pasti akan berlalu, jadi harus tetap semangat dan selalu bersyukur”.