Agar Konten Media Sosial Berkualitas, Dosen UM Surabaya: Perhatikan Enam Hal Ini

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Agar Konten Media Sosial Berkualitas, Dosen UM Surabaya: Perhatikan Enam Hal Ini
Gambar Artikel Agar Konten Media Sosial Berkualitas, Dosen UM Surabaya: Perhatikan Enam Hal Ini
  • 29 Nov
  • 2023

Pixabay

Agar Konten Media Sosial Berkualitas, Dosen UM Surabaya: Perhatikan Enam Hal Ini

Membuat konten yang berkualitas merupakan suatu hal yang sangat penting agar konten yang disampaikan di media sosial dapat menarik pengguna media sosial. Di era digital saat ini konten yang berkualitas menjadi kunci bagi konten creator ataupun konten writer untuk dapat menaikkan traffic atau viewer dalam sebuah platform media sosial. 

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan agar konten yang dibuat menjadi konten yang berkualitas? Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) UM Surabaya Musayyidatul Ummah membagikan enam tips berikut.

Pertama lakukan riset. Melakukan riset merupakan hal yang penting agar dapat menemukan gagasan konten yang tepat agar dapat diingat oleh audiens. Dengan melakukan riset seseorang dapat memahami konten yang tepat untuk dibuat. 

“Melakukan riset menjadi hal utama yang perlu diperhatikan agar kita dapat menghasilkan konten yang berkualitas,”ujar Datul Rabu (29/11/23)

Kedua, riset keyword. Menemukan kata kunci yang tepat merupakan hal penting agar dapat menemukan hal yang menarik. Riset keyword penting dilakukan agar seseorang dapat bersaing dengan competitor. Beragam tools dapat digunakan untuk mempermudah dalam melakukan pencarian keywords.

Ketiga, headline yang bagus. Headline yang bagus akan menarik perhatian besar terhadap minat pembaca. Namun demikian, bukan berarti seseorang hanya membuat headline saja, namun juga isi konten juga perlu diperhatikan agar isinya tetap berkualitas. 

“Karena jika kontennya berkualitas maka pembaca akan kembali lagi. Oleh karena itu setelah kita menemukan ide konten serat kata kunci, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah membuat headline yang kuat dan bagus,”imbuh Datul lagi. 

Keempat, sudut pandang yang unik. Seseorang yang rutin melakukan riset akan semakin terlatih dan mudah menemukan sudut pandang yang menarik dan unik saat membuat konten. Ini diperlukan agar hasil karya atau konten yang dibuat memiliki perbedaan dari konten-konten yang lain.

Kelima, sumber informasi yang kredibel. Kredibilitas sumber informasi menjadi hal penting. Pembaca akan percaya dengan konten yang dibuat jika seseorang memberikan informasi dari sumber yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

Namun seseorang juga perlu berhati-hati dalam memilih sumber informasi, karena jika mencantumkan sumber yang tidak akurat hal tersebut akan mempengaruhi reputasi brand, perusahaan atau instansi.

Terakhir buat konten yang interaktif. Melibatkan audiens adalah salah satu hal yang penting. Membuat konten yang interaktif adalah salah satu cara membuat konten yang menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode storytelling didalam konten yang dibuat. Agar mudah buatlah paragraf pertama yang menarik dalam konten agar audiens bisa tertarik sejak awal.

“Dalam membuat konten yang berkualitas perlu belajar terus menerus agar kita dapat menemukan pola dan wawasan baru. Oleh karena itu berlatih dan konsisten untuk terus menemukan jenis konten yang berkualitas agar dapat diterima oleh masyarakat,”pungkasnya.