UM Surabaya Resmikan Gedung At Ta’awun Tower dan Groundbreaking RSGM di Milad 40 Tahun Kampus

  • Beranda -
  • Berita -
  • UM Surabaya Resmikan Gedung At Ta’awun Tower dan Groundbreaking RSGM di Milad 40 Tahun Kampus
Gambar Berita UM Surabaya Resmikan Gedung At Ta’awun Tower dan Groundbreaking RSGM di Milad 40 Tahun Kampus
  • 09 Mar
  • 2024

Foto peresmian At Ta'awun Tower dan Groundbreaking RSGM (Humas UM Surabaya)

UM Surabaya Resmikan Gedung At Ta’awun Tower dan Groundbreaking RSGM di Milad 40 Tahun Kampus

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir meresmikan Gedung 23 lantai AT Ta’awun Tower dan Groundbreaking Rumah Sakit Gigi dan Mulut RSGM yang didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Kebudayaan RI (Muhadjir Effendy), Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Budi Gunadi Sadikin). Turut hadir pula Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rektor UM Surabaya Sukadiono dan jajaran penting lainnya pada Sabtu (9/3/24)

Peresmian gedung tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah yang berlangsung di halaman depan Gedung AT Ta’awun Tower. 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haidar Nashir mengatakan, perjalanan Muhammadiyah dalam masa depan untuk pengembangan ilmu kesehatan dan pendidikan. Dunia pendidikan dan kesehatan menjadi satu kesatuan yang terus disgerakkan untuk menjadi langkah dan amal usaha yang unggul berkemajuan sebagaimana amanat Muktamar.

“Saya yakin Muhammadiyah mampu mencari titik temu untuk pengembangan ilmu kesehatan dan juga dunia pendidikan,”ucap Haidar. 

Ia yakin Muhamadiyah ke depannya akan terus mampu menjadi pilar strategis yang ikut menentukan perjalanan bangsa agar Indonesia menjadi bangsa yang cerdas, sehat dan berakhlaku mulia.

Menurutnya, lompatan-lompatan UM Surabaya di bidang pendidikan tidak terlepas dari perpaduan transfprmasi individual personal dan transformasi institusional. 

“Orang -orang Muhammadiyah DNA nya sudah melekat jujur amanah dapat dipercaya, kerja keras tapi juga rasional dan punya kesadaran yang tinggi ini adalah modal kita,”imbuh Haidar lagi. 

Ia mengatakan kemajuan Muhammadiyah di bidang pendidikan merupakan ciri karakter Muhammadiyah dalam kepribadian Muhammadiyah yang selalu adaptif. 

Sementara itu, Sukadiono dalam sambutannya menjelaskan, UM Surabaya berdiri tanggal 9 Maret 1984. 

“Jadi hari ini, 9 Maret 2024, UM Surabaya tepat berusia 40 tahun. Di usia 40 tahun ini, sebagai hadiah Milad UM Surabaya, maka kami meresmikan gedung baru kami,”ujar Suko.

Suko meyakini, gedung ini menjadi salah satu gedung tertinggi yang dimiliki universitas negeri maupun swasta, di Jawa Timur. 

Suko menjelaskan Gedung 23 lantai tersebut merupakan kelanjutan gedung At-Tauhid Tower yang diresmikan Wakil Presiden saat Sidang Tanwir Aisyiyah pertama. Menurutnyaa pada periode ini, UM Surabaya mengembangkan fakultas baru di bidang kesehatan yaitu Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Fakultas ini sudah ada izinnya dan sudah menerima mahasiswa angkatan pertama periode 2023-2024.

Suko mengatakan Gedung At Ta’awun Tower dan Groundbreaking RSGM menjadi sebuah lompatan besar UM Surabaya pada bidang kemajuan lembaga pendidikan tinggi Muhammadiyah secara nasional di usianya yang ke 40 tahun. 

Gedung yang akan menjadi pusat Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi tersebut harapannya akan menjadi penegas kemajuan akademik di bidang kesehatan yang ditunjang dengan kemajuan fasilitas yang beragam dan memadai bagi perkembangan UM Surabaya ke depan. 

AT Ta’awun Tower Punya 23 Lantai

Bangunan 23 lantai tersebut meliputi; Ruang Dekanat Fakultas Kedokteran, Ruang Dosen FK, Lab Parasitologi, Lab Patalogi Klinik, Lab Histologi/Biomedik, Lab Farmokologi, Skill Lab, Skill Lab Tutorial, Skill Lab, Ruang Osce, Skill Lab Tutorial, Skill Lab, Student Center Perpustakaan, Ruang Dosen Fakultas Kedokteran  Gigi dan Mulut, Ruang Manekin, Ruang Kuliah dan Lab Biologi Oral, Ruang Baca dan Ruang Tutorial, Ruang CBT, Ruang Teater 1, Ruang Teater 3, Senat dan Ruang Rapat, Auditorium dan lantai satu Basement Lantai Parkir Motor.