UM Surabaya Masuk Top 3 Peringkat Universitas Swasta Terbaik Se-Surabaya Versi UniRank 2023

  • Beranda -
  • Berita -
  • UM Surabaya Masuk Top 3 Peringkat Universitas Swasta Terbaik Se-Surabaya Versi UniRank 2023
Gambar Berita UM Surabaya Masuk Top 3 Peringkat Universitas Swasta Terbaik Se-Surabaya Versi UniRank 2023
  • 22 Agu
  • 2023

Ilustrasi gambar mahasiswa UM Surabaya (Dok: Humas)

UM Surabaya Masuk Top 3 Peringkat Universitas Swasta Terbaik Se-Surabaya Versi UniRank 2023

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) kembali meraih prestasi membanggakan dengan masuk top 3 peringkat universitas swasta terbaik Se-Surabaya berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Indonesia University Ranking UniRank 2023. Dalam urutan perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia UM Surabaya berada di posisi 91 nasional, sementara itu dalam katagori kampus Muhammadiyah terbaik di Indonesia UM Surabaya berada di posisi 9. Informasi ini bisa dilihat pada laman https://www.4icu.org/id/

UniRank merupakan direktori internasional pendidikan tinggi dan juga mesin pencari daring (online) dengan fitur review dan pemeringkatan lebih dari 13 ribu universitas di 200 negara.

Dasar metodologi pemeringkatan UniRank didasarkan pada algoritma web dengan menggunakan 5 web pengukur matrik diantaranya Ireg, Alexa Global Rank, Moz Domain Authority, SimiliarWeb Global Rank, dan Majestic untuk menjamin kemandirian.

Web matrik merupakan algoritma yang diukur diantaranya berdasarkan jumlah pengunjung website atau tingkat aktivitas di website tersebut.

Mundakir Wakil Rektor IV UM Surabaya yang membidangi Kerjasama dan Digitalisasi menanggapi positif hasil yang dirilis UniRank 2023 tersebut. Menurutnya UM Surabaya layak memperoleh nominasi ini, berkat usaha universitas dalam meningkatkan kualitas dalam segala aspek.

“Terimakasih kepada seluruh civitas akademika UM Surabaya atas semua kerja keras selama ini, sehingga UM Surabaya masuk tiga besar perguruan tinggi swasta terbaik di Surabaya dan masuk 10 kampus Muhammadiyah terbaik di Indonesia,”ujarnya.

Ia mengingatkan agar hasil yang didapatkan hari ini jangan mudah membuat puas, ia tetap menghimbau untuk meningkatkan kinerja, sehingga bersama-sama mewujudkan UM Surabaya menjadi yang terbaik dan diperhitungkan di skala global.

Mundakir juga berharap agar prestasi ini menjadi acuan bagi seluruh civitas akademika agar sama-sama bersinergi dan terus berkarya agar target UM Surabaya menjadi kampus unggul 2024 bisa tercapai.  

Berikut adalah daftar 10 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Surabaya berdasarkan data UniRank 2023:

1.      Universitas Kristen Petra

2.      Universitas Surabaya

3.      Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya)

4.      Universitas Ciputra

5.      Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

6.      Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

7.      Universitas Dr. Soetomo

8.      Universitas Narotama

9.      Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

10.  Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya