UM Surabaya Masuk Top 20 Peringkat PTS Terbaik Se-Indonesia Versi Webometrics 2023

  • Beranda -
  • Berita -
  • UM Surabaya Masuk Top 20 Peringkat PTS Terbaik Se-Indonesia Versi Webometrics 2023
Gambar Berita UM Surabaya Masuk Top 20 Peringkat PTS Terbaik Se-Indonesia Versi Webometrics 2023
  • 29 Jul
  • 2023

Foto Gedung Universitas Muhammadiyah Surabaya (Humas)

UM Surabaya Masuk Top 20 Peringkat PTS Terbaik Se-Indonesia Versi Webometrics 2023

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) kembali meraih prestasi membanggakan dengan masuk top 20 peringkat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia dan menempati posisi 19 yang dirilis oleh Webometrics 2023. UM Surabaya juga berhasil menempati peringkat 59 nasional, dan peringkat 5 besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Indonesia. Informasi tersebut dapat dilihat pada laman resmi https://www.webometrics.info/en/asia/indonesia%20

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan untuk perguruan tinggi di dunia dalam hal kinerja dan dampak publikasi dengan memperhitungkan tiga indikator yaitu openness, excellence dan visibility.

Webometrics merilis daftar universitas terbaik di Indonesia yang termasuk Universitas Swasta dengan berdasarkan performa secara global.

Penilaian tersebut pertama berdasarkan konten web, seberapa banyak jumlah jaringan eksternal yang tertaut ke halaman web institusi dan dihitung dengan bobot nilai 50%.

Kedua penilaian keterbukaan. Artinya jumlah kutipan peneliti termuka di bawah domain website Universitas yang banyak dicari dalam metodologi ini memiliki bobot nilai sebesar 10%.

Penilaian ketiga, berdasarkan keunggulan jumlah makalah atau artikel ilmiah publikasi universitas yang banyak dikutip seperti pada Google Scholar dengan penilaian sebanyak 40%.

Mundakir Wakil Rektor IV UM Surabaya yang membidangi Kerjasama, Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Digitalisasi menanggapi positif hasil yang dirilis Webometrics 2023 tersebut. Menurutnya UM Surabaya layak memperoleh peringkat ini, berkat usaha universitas dalam meningkatkan kualitas dalam segala aspek.

“Terimakasih kepada seluruh civitas akademika UM Surabaya atas semua kerja keras, sehingga UM Surabaya menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia,” ujar Mundakir Sabtu (29/7/23)

Lebih lanjut lagi, Mundakir berharap prestasi ini akan terus mengalami kenaikan sehingga target 2024 UM Surabaya menuju kampus unggul bisa tercapai.

Menurutnya UM Surabaya akan terus berkomitmen menjadi institusi pendidikan tinggi yang inovatif, Mundakir mengingatkan hasil yang diperoleh hari ini jangan membuat cepat puas, terus tingkatkan kinerja dan mari bersama-sama mewujudkan UM Surabaya menjadi yang terbaik dan diperhitungkan di skala global.

Di akhir keterangannya, ia berharap agar prestasi ini menjadi acuan bagi seluruh civitas akademika agar sama-sama bersinergi dan terus berkarya agar semakin banyak capaian yang diraih.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia. Webometrics melakukan penilaian berdasarkan aspek kehadiran dan visibilitas web sebagai indikator kinerja global sebuah universitas.

Berikut 20 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

1.     Telkom University (11)

2.     Universitas Bina Nusantara (12)

3.     Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (19)

4.     Universitas Muhammadiyah Malang (22)

5.     Universitas Mercu Buana (24)

6.     Universitas Muhammadiyah Surakarta (33)

7.     Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (35)

8.     Universitas Gunadarma (36)

9.     Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (38)

10.  Universitas Islam Sultan Agung Semarang (45)

11.  Universitas Islam Indonesia (46)

12. Universitas Surabaya (47)

13.  Universitas Kristen Maranatha (49)

14.  Universitas Dian Nuswantoro (53)

15.  Universitas Atmajaya Yogyakarta (54)

16.  Peta Christian University (56)

17.  Universitas Sanata Dharma USD Sleman (57)

18.  Universitas Teknokrat Indonesia (58)

19.  Universitas Muhammadiyah Surabaya (59)

20.  Universitas Katolik Indonesia Atmajaya (61)