48 Atlet yang Menjadi Mahasiswa UM Surabaya, Mulai Spidermen Jatim hingga Kapten Timnas Indonesia

  • Beranda -
  • Berita -
  • 48 Atlet yang Menjadi Mahasiswa UM Surabaya, Mulai Spidermen Jatim hingga Kapten Timnas Indonesia
Gambar Berita 48 Atlet yang Menjadi Mahasiswa UM Surabaya, Mulai Spidermen Jatim hingga Kapten Timnas Indonesia
  • 22 Jul
  • 2023

Foto Atlet Sepak Bola sekaligus Atlet UM Surabaya (Humas)

48 Atlet yang Menjadi Mahasiswa UM Surabaya, Mulai Spidermen Jatim hingga Kapten Timnas Indonesia

Tak hanya dikenal dengan jargon Kampus Sejuta Inovasi, UM Surabaya juga dikenal sebagai kampusnya para atlet. Sebanyak 48 atlet dari berbagai cabang olahraga sedang menempuh pendidikan di UM Surabaya, bahkan beberapa diantaranya telah lulus dan melangsungkan wisuda.

Sebagai perguruan tinggi yang peduli dengan pendidikan para atlet, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), konsisten dari tahun ke tahun membuka kesempatan beasiswa atlet untuk seluruh atlet di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai wujud apresiasi sekaligus kebanggaan unversitas kepada atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga di Indonesia.

Sebagai penerima beasiswa atlet yang dibebaskan biaya pendidikan secara penuh, atlet UM Surabaya harus mampu berkontribusi baik di tingkat regional, nasional maupun internasional. Tak perlu khawatir persoalan akademik, pasalnya mahasiswa atlet di UM Surabaya lebih diutamakan memiliki prestasi non akademik di tiap semesternya.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Biro Administrasi Kemahasiswan Alumni dan Inovasi (BAKAI) menyebut ada 48 atlet yang menjadi mahasiswa (UM Surabaya) yang berasal dari daerah yang berbeda. Tentu juga dari fakultas dan jurusan yang berbeda pula. 48 atlet tersebut telah berhasil menorehkan banyak prestasi di kancah nasional maupu internasional.  48 atlet tersebut terdiri dari atlet Panjat Tebing, Silat, Tinju, Jujitsu, Sepak Bola, Futsal, Hockey, Karate, E-sport, Bulu Tangkis, Sepak Bola Amputasi, Renang hingga Dayung.

Berikut adalah nama-nama 48 atlet yang menjadi mahasiswa UM Surabaya:

1.      Atlet Sepak Bola

Rizky Ridho Ramadhani (Manajemen), Alwi Slamat (Manajemen) Muhammad Hidayat (Manajemen), Koko Ari Araya (Manajemen), Andre Oktaviansyah (Manajemen), Kasim Botan (Pendidikan Agama Islam) dan Muhamamad Iqbal (Psikologi)

Diketahui Rizky Ridho Ramadhani adalah Kapten Timnas Indonesia yang menjadi kebangaan Surabaya dan seluruh rakyat Indonesia, sementara atlet yang lain adalah pemain bola kebanggaan arek-arek Suroboyo yakni Persebaya Surabaya. Alwi yang merupakan prajurit TNI tersebut kini berposisi sebagai gelandang. Semuanya menjadi idola utama para bonek fans Persebaya.

2. Atlet Panjat Tebing

Rahmad Adi Mulyono, Kharisma Ragil Rakasiwi, Choirul Umi Chyaning Ayub, Eka Dian Krismawati, Misbaqul Ulum, Alamsyah Cahya Cakradiningra, Febrian Bimantara, Pradeva Adelia, Jennifer Angelica Rossy Que, Moch Rizky Samudra Dewanta.  Dari ke sebelas atlet panjat tebing ini 10 di antaranya berada di jurusan S1 Manajeman dan 1 di jurusan S1 Teknik Elektro.

Rahmad Adi Mulyono hingga saat ini dijuluki Spiderman Jatim karena banyaknya prestasi yang pernah diraih, baik di tingkat nasional hingga internasional. Rahmad Adi Mulyono dikenal sebagai Spiderman Jatim karena banyaknya prestasi yang pernah diraih. Sebagian dari mereka adalah atlet PON Papua yang berhasil memperoleh medali emas. Yang paling terbaru adalah keberhasilan Rahmad Adi dan Kharisma Ragil mewakili Indonesia dan menyumbang medali emas dalam event bergengsi Internasional yakni ASEAN University Games.

3. Atlet Jujitsu

Galang Akbar Dewantara (Manajemen), Muhamad Galang Eka Saputra (Manajemen), Muhammad Faisal Hasim,(Manajemen) Arin Vevi Putri Ayu Hermawan (Ilmu Hukum), Aisa Putri Rahmawati (Akuntansi), Nahrisyah (Ilmu Hukum), Aida Siti Nur Halizah (Akuntansi), Ardita Apriani Wibowo (Pendidikan Matematika), Dzakwan Ulhaq Whindayana (Teknik Perkapalan), Fella Suffa Aprillia Ardhana (Ilmu Hukum).

Atlet Jujitsu UM Surabaya telah berhasil menyumbang 7 medali di ajang Kejurprov yang digelar di gedung Widya Kartika. Ajang ini diikuti oleh ratusan atlet dari berbagai daerah di Jawa timur. Saat ini atlet-atlet Jujitsu tengah mempersiapkan Porprov mendatang.

4. Atlet Silat

Ada banyak atlet silat yang menempuh pendidikan di UM Surabaya, beberapa diantaranya telah lulus dan melangsungkan wisuda. Saat ini ada Fathur Rozi Farori (S1 Manajeman), Afisina Rounaqi (Perbankan Syariah), Dimas Aditya Syaukani (S1 Psikologi) sebagai atlet silat.

Pada akhir tahun Desember, Atlet  silat tapak suci UM Surabaya berhasil memborong juara di berbagai kategori pada Airlangga Championship Tapak Suci International Virtual Open 2021 yang digelar secara daring pada 8-12 November 2021 lalu. Atlet UM Surabaya berhasil meraih 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu

5. Atlet Karate

Gaby Dara Ayu Salsabilah, Steven Alfred Ora, dan Sisilia Agustiani Ora. Dari ketiga atlet ini 2 di antaranya jurusan S1 Manajeman dan 1 di S1 Psikologi.

Atlet karate UM Surabaya juga telah berhasil meraih medali di laga  PON Papua yang mewakili Jawa Timur. Tak hanya itu mereka juga berhasil  meraih Juara III PRAPON Jawa Barat 2019.

6. Atlet Futsal

Samuel Eko Putra Tambubolon dan Hilmy Razan Priyadi. Keduanya adalah pemain Bintang Timur Surabaya (BTS). Sebuah tim futsal kebanggaan arek Suroboyo. Tim ini  pernah menyabet gelar bergengsi yakni Juara Liga Futsal Profesional 2021.

Dari kedua pemain tersebut, Samuel Eko adalah pemain kebanggaan Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia. Keduanya adalah mahasiswa Prodi Manajemen.

7. Atlet Hockey

Kautsar Rafi Syadidan

Atlet kebanggan universitas ini telah berhasil meraih Juara II Cabor Hockey dan mendapatkan medali kategori indoor pada ajang Porprov VII.

8. Atlet Renang

Muchammad Pramudya Gandhi.

Atlet muda ini merupakan atlet berbakat yang digadang-gadang dan disiapkan untuk mengikuti kompetisi di tahun 2023 ini.

9. Atlet E-Sport

Ahmad Syaifudin dan Arief Budi Kurniawan adalah atlet

E-sport atau olahraga elektronik yang saat ini sangat diminati banyak kalangan. Setiap ada kompetisi peminatnya antre dari usia remaja sampai dewasa. Bahkan dari bermain game ini bisa mendapatkan uang yang cukup banyak.

Salah satu atlet yang banyak menorehkan prestasi adalah Arif Budi Kurniawan. Arif yang sekarang tergabung dalam Dewa United E-Sport adalah mahasiswa UM Surabaya ini sudah menorehkan prestasi dari beberapa turnamen.

Diantaranya adalah : Juara 1 AYLA di Jakarta, juara 1 Quialifikasi AYLA di Yogyakarta, juara 1 di ASL Series B, juara 1 Kelabang Cup, juara 1 Vindex Cup, peringkat 6 AOV Star League, peringkat 3 AOV Star League, dan juara 2 DG WIB.

10. Atlet Dayung

Fauzia Adji Fahrani

Atlet Dayung UM Surabaya berhasil meraih Juara III PRAPON Jawa Barat 2019, Juara III 500m PON Jawa Barat 2016, Juara III 1000m PON Jawa Barat 2016

37 atlet dari 10 cabang olahraga berbeda ini adalah kebanggaan UMSurabaya dan Indonesia. Mereka semua telah mengukir banyak prestasi dalam kejuaraan nasional dan internasioal.

11. Atlet Sepak Bola Amputasi

Fredo Dimas Saputro (Ilmu Hukum) dan Khusnul Yakin (S1 Ilmu Hukum). Fredo Dimas Saputro atlet asal Pasuruan tersebut pernah meraih prestasi runner up pada kejuaraan turnamen sepak bola Kualifikasi Piala Asia di Bangladesh, hal tersebut yang akan mengantarkan dirinya mewakili Indonesia di kejuaraan Piala Dunia di Turki pada Oktober lalu.

Sementara, Khusnul Yakin merupakan atlet sepak bola asal Kota Surabaya, ia berhasil lolos mewakili Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk bertanding dalam Piala Dunia Sepak Bola Amputasi di Turki pada Oktober 2022 lalu.

12. Atlet Bulu Tangkis

Pada saat ini ada 3 atlet renang yang sedang menempuh pendidikan di UM Surabaya diantaranya: Louis Menico (S1 Ilmu Hukum), Satriya Prayu Nakula Putra (S1 Ilmu Hukum) dan Bintang Arsy Athallah (S1 Psikologi)

13. Atlet Tinju

Briant Jovanno Yusrial yang merupakan atlet tinju ini merupakan mahasiswa (S1 Psikologi) UM Surabaya.

14. Atlet Panah

Saat ini, ada satu atlet panah yang sedang menempuh pendidikan di UM Surabaya yakni Iqbal Bagaswara. Iqbal mengambil jurusan (S1 Manjemen)