Universitas
Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) meraih penghargaan di ajang digital
award 2022 katagori perguruan tinggi media sosial terbaik pada Kamis (31/3/22)
Acara yang
diselenggarakan di Grand Mirama Mercure Hotel Surabaya dihadiri langsung oleh
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Listyanto Dardak, Wali Kota Surabaya Eri
Cahyadi, dan Bupati dari berbagai daerah beserta jajaran pimpinan Forkopimda
Jatim.
Katagori
perguruan tinggi media sosial terbaik dimenangkan UM Surabaya, Universitas
Airlangga dan Stikosa AWS. Sementara katagori perusahaan swasta terbaik
dimenangkan oleh Unilever Indonesia, PT Campina Ice Cream Industri dan PT Mitra
Pinasthika Mulia. Pemda terbaik diberikan kepada Kota Batu, Kabupaten
Mojokerto, Kabupaten Gresik, Kabupaten Banyuwangi dan katagori BUMD terbaik
diberikan kepada Bank Jatim.
Penghargaan
khusus juga diberikan kepada Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali sebagai
pendorong transformasi digital dalam UMKM dan pelayanan publik dan Ika
Puspitasari Wali Kota Mojokerto sebagai pembawa semangat kearifan lokal dalam
program pembangunan.
Ma’ruf Sya’ban
wakil rektor tiga yang membidangi bidang inovasi dan sumber daya manusia
menyampaikan rasa bangga atas penghargaan yang diberikan beritajatim kepada UM
Surabaya. Ia menjelaskan prestasi ini diraih dari kerja keras humas dan
dukungan dari berbagai pihak.
“Program
penghargaan ini menjadi rangkaian peringatan hari lahir beritajatim yang ke-16
tahun, besar harapannya UM Surabaya akan terus konsisten dalam mempertahankan
prestasi yang telah diberikan, dan akan terus meningkatkan kinerja sehingga
dapat memproduksi program kreatif ,
inovatif , terukur dan memiliki dampak yang besar bagi masyarakat,”tutur Ma’ruf
saat ditemui di ruangannya.
Ma’ruf
menjelaskan ada dua kategori yang menjadi nominasi yakni kategori website
terbaik dan kategori sosial media terbaik. Kategori website terbaik dan sosial
media terbaik ini meliputi perguruan tinggi terbaik, perusahaan swasta terbaik,
BUMD, dan pemda terbaik.
“Alhamdulillah
UM Surabaya berkesemapatan menjadi perguruan tinggi terbaik katagori media sosial,
tentunya keberhasilan ini juga tak lepas dari humas universitas yang selalu
merespon perubahan zaman, kreatif dan inovatif dan selalu beradaptasi melakukan
penyesuaian penggunaan media sosial,”imbuhnya lagi.
Sementara
itu Radius Setiyawan Kepala Humas UM Surabaya menjelaskan bahwa saat ini UM
Surabaya telah memanfaatkan dan mengelola akun media sosial resmi di delapan
platform mulai dari instagram, facebook, twitter, tiktok, youtube, line,
telegram dan whatsapp.
“Penggunaan
berbagai media sosial dilakukan untuk terus mengoptimalkan jangkauan ke berbagai
segmen mulai dari siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), mahasiswa, alumni dan
mitra UM Surabaya. Per 1 April 2022, instagram UM Surabaya memiliki 25,6RB
pengikut,”papar Radius.
Selain itu,
UM Surabaya akan terus melakukan pengembangan dalam pengelolaan laman
universitas dengan menyajikan konten yang beragam dan variatif, tidak hanya
tentang prestasi yang diraih civitas UM Surabaya, namun juga akan terus
konsisten menampilkan pandangan pakar, dosen, peneliti terkait isu aktual dan
global.
“Semoga UM
Surabaya dan kinerja kehumasan bisa lebih bermanfaat dan menjadi saluran
kebaikan bagi publik secara lebih luas,”pungkasnya.