SBMPTMu 2022 Dibuka, Ini 10 Kampus Muhammadiyah Terbaik Versi UniRank

research
Foto gedung At-Tauhid Tower UM Surabaya (Dok: Humas)


Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTMu) 2022 gelombang 1 telah dibuka sejak 5 April hingga 17 Juni 2022 dan gelombang 2 akan dibuka pada 20 Juni hingga 12 Agustus mendatang.

Melansir dari laman resmi, SBMPTMu merupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi Muhammadiyah dan mengikuti SBMPTMu 2022 tentunya penting untuk mengetahui  sejumlah kampus Muhammadiyah yang masuk dalam pemeringkatan UniRank 4ICU  yang bisa dijadikan referensi dan pertimbangan untuk masuk ke perguruan tinggi.

Salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi di seluruh dunia yakni 4 International College & Universities (4ICU) UniRank.

4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website suatu perguruan tinggi.

Tujuan pemeringkatan ini sendiri adalah untuk menyediakan klasemen non-akademik dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan dunia berdasarkan metrik website yang valid juga tanpa bias dan pengaruh apapun, yang disediakan oleh sumber-sumber web intelligence independen dan bukan data yang dikumpulkan oleh perguruan tinggi itu sendiri.

Melansir dari laman resmi https:www.4icu.org/id/ berikut 10 PTM/MA terbaik di Indonesia versi UniRank urutan pertama ditempati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) dan yang terakhir adalah Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Rektor UM Surabaya Sukadiono menanggapi positif hasil yang dirilis oleh Unirank pada beberapa bulan lalu tersebut, dalam keterangannya UM Surabaya akan terus meningkatkan kualitas dari berbagai aspek, sehingga UM Surabaya akan menjadi perguruan tinggi rujukan bagi calon mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Saat ini UM Surabaya masuk 10 besar perguruan tinggi terbaik Muhammadiyah se-Indonesia versi UniRank, harapannya ini akan menjadi angin segar bagi calon mahasiswa untuk menjadikan UM Surabaya sebagai pilihan dalam menempuh pendidikan,”jelasnya.

Ia menambahkan UniRank menilai perguruan tinggi yang memiliki kriteria yang sudah terakreditasi oleh organisasi resmi serta menyelenggarakan pembelajaran sarjana dan pascasarjana serta memiliki program pembelajaran tatap muka dan jarak jauh.