Prodi TLM Program Sarjana Terapan Gelar Kuliah Pakar Tentang Manajemen Mutu Laboratorium

research
Foto kuliah pakar yang diselenggarakan Prodi TLM (Dok:Vella)


Dalam rangka mengembangkan kompetensi manajemen mutu laboratorium Program Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) FIK UM Surabaya menggelar kuliah pakar dengan tema Sistem Manajemen Mutu Laboratorium Medik. Kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting tersebut diikuti oleh puluhan peserta pada Sabtu (9/4/22)

Turut hadir Putu Ayu Parwati selaku pemateri utama yang menjelaskan tentang kualitas sampel yang sangat mempengaruhi tahapan pemeriksaan selanjutnya. Ia menekankan bahwa 46-68% keberhasilan pemeriksaan laboratorium ditentukan oleh kualitas dari sampel yang akan diperiksa.

Selanjutnya Tonny Watoyani pemateri kedua menyampaikan bahwa TLM memiliki peran yang sangat penting untuk menegakkan mutu pemeriksaan, mulai tahap pra analitik, analitik sampai tahap pasca analitik.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa TLM yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya. Peserta kegiatan diikuti mulai dari dosen maupun mahasiswa  yang sangat antusias mengikuti jalannya acara kuliah pakar kali ini.

Ellies Tunjung selaku Ketua Prodi Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Program Sarjana Terapan memaparkan bahwa tema kuliah pakar ini sejalan dengan keunggulan Program studi yaitu pengembangan lulusan yang unggul dalam kompetensi manajemen mutu laboratorium.

“Saya berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan dosen maupun mahasiswa tentang pentingnya manajemen mutu laboratorium,”jelasnya.