Perkuat Kolaborasi, Pusba UM Surabaya Jalin Kerjasama dengan Pusba Unismuh Makassar

research
Foto bersama Pusba UM Surabaya dengan Pusba Unismuh Makassar (Dokumentasi: Pusba UM Surabaya)


Pusat Bahasa Universitas Muhammadiyah Surabaya (Pusba UM Surabaya)  menerima kunjungan kerja dari Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerjasama dan Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar). Kunjungan tersebut dalam rangka optimalisasi peningkatan program kerja serta bertukar pengalaman (21/12/2021).

“Saya apresiatif dengan program-program Pusba UM Surabaya yang semuanya serba digitalisasi. Mulai dari Authorized Test Center untuk tes TOEIC, pelaksanaan Intensive English Course yang semuanya telah tersistem dengan baik,”ujar Maharida kepala Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerjasama dan Urusan Internasional Unismuh Makassar.

Maharida juga berharap hasil kunjungan kali ini akan terjalin kerjasama dan kolaborasi yang bekerlanjutan dan sistematis ke depannya.

Tawaran kerjasama tersebut ditanggapi positif oleh Waode Hamsia kepala Pusba UM Surabaya dengan penanda tanganan berita acara kegiatan studi banding secara langsung.

“Senang menerima kunjungan dari Unismuh Makassar sore ini, saya berharap kunjungan ini sebagai salah satu upaya dalam memperkuat kerjasama dengan perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia, suatu kebanggan jika bisa sinergi dan berkolaborasi, semoga dengan iklim kolaborasi mampu meningkatkan kinerja masing-masing lembaga,”ujar Waode

Waode juga mempersilakan untuk mengadopsi kegiatan-kegiatan pusba PUSBA UM Surabaya untuk diterapkan di Unismuh Makassar jika itu memang sesuai dengan kebutuhan disana. Diantaranya program-program pelatihan classroom language untuk para dosen di kelas regular dan internasional yang diadakan bersama ITC Jakarta yang baru dilaksanakan pertengahan oktober lalu serta program webinar TOEIC & TOEFL pengajaran kelas internasional dan workshop english discoveries for english educators dengan beberapa narasumber dari Eropa.