Nama Para Atlet yang Menjadi Mahasiswa UMSurabaya, Ada yang Prajurit TNI hingga Pemain Timnas

research
Foto Atlet UM Surabaya Alwi Slamat dan Muhammad Hidayat bersama Rektor UM Surabaya (Dok: Humas)


Sebagai perguruan tinggi yang peduli dengan pendidikan para atlet, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), konsisten dari tahun ke tahun membuka kesempatan beasiswa atlet untuk seluruh atlet di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai wujud apresiasi sekaligus kebanggaan unversitas kepada atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga di Indonesia.

Sebagai penerima beasiswa atlet yang dibebaskan biaya pendidikan secara penuh, atlet UM Surabaya harus mampu berkontribusi baik di tingkat regional, nasional maupun internasional. Tak perlu khawatir persoalan akademik, pasalnya mahasiswa atlet di UM Surabaya lebih diutamakan memiliki prestasi non akademik di tiap semesternya.

37 atlet yang menjadi mahasiswa (UM Surabaya) berasal dari daerah yang berbeda. Tentu juga dari fakultas dan jurusan yang berbeda pula. 37 atlet tersebut telah berhasil menorehkan banyak prestasi di kancah nasional maupu internasional.  37 atlet tersebut terdiri dari atlet Panjat Tebing, Silat, Jujitsu, Sepak Bola, Futsal, Hockey, Karate, E-sport, Renang hingga Dayung.

Berikut adalah nama-nama 37 atlet yang menjadi mahasiswa UM Surabaya:

1. Atlet Panjat Tebing

Fatchur Roji, Rahmad Adi Mulyono, Sheila Kartikaning Anggraeni, Yohanes Angel Rossy Que, Kharisma Ragil Rakasiwi, Choirul Umi Chyaning Ayub, Eka Dian Krismawati, Misbaqul Ulum, Alamsyah Cahya Cakradiningra, Febrian Bimantara dan Pradeva Adelia. Dari ke sebelas atlet panjat tebing ini 10 di antaranya berada di jurusan S1 Manajeman dan 1 di jurusan S1 Psikologi.

Sebagian dari mereka adalah atlit PON Papua yang berhasil memperoleh medali emas. Yang paling terbaru adalah keberhasilan mereka memperoleh medali dalam event bergengsi Internasional. Yakni ASEAN University Games.

2. Atlet Jujitsu

Galang Akbar Dewantara, Muhamad Galang Eka Saputra, Muhammad Faisal Hasim, Arin Vevi Putri Ayu Hermawan, Aisa Putri Rahmawati Nahrisyah, dan Aida Siti Nur Halizah. Dari ke tujuh atlet jujitsu ini 3 jurusan S1 Manajamen 2 Jurusan S1 Akuntansi dan 2 jurusan S1 Ilmu Hukum.

Atlet Jujitsu UM Surabaya telah berhasil menyumbang 7 medali di ajang Kejurprov yang digelar di gedung Widya Kartika. Ajang ini diikuti oleh ratusan atlet dari berbagai daerah di Jawa timur. Saat ini atlet-atlet Jujitsu tengah mempersiapkan Porprov VII mendatang.

3. Atlet Silat

Risky Rofiansyah, Cyndia Fahma Azarine Aulia Achmad, Rizal Esa Mahendra, Achmad Zakaria Maulana Rachman, Tomi Aprilianto, dan Fathur Rozi Farori. Dari kelima atlet silat ini semuanya jurusan S1 Manajeman.

Pada akhir tahun Desember 2021 Atlet  silat tapak suci UM Surabaya berhasil memborong juara di berbagai kategori pada Airlangga Championship Tapak Suci International Virtual Open 2021 yang digelar secara daring pada 8-12 November 2021 lalu. Atlet UM Surabaya berhasil meraih 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu

 

4. Atlet Karate

Gaby Dara Ayu Salsabilah, Steven Alfred Ora, dan Sisilia Agustiani Ora. Dari ketiga atlet ini 2 di antaranya jurusan S1 Manajeman dan 1 di S1 Psikologi.

Atlet karate UM Surabaya juga telah berhasil meraih medali di laga  PON Papua yang mewakili Jawa Timur. Tak hanya itu mereka juga berhasil  meraih Juara III PRAPON Jawa Barat 2019. Juara III 500m PON Jawa Barat 2016. Juara III 1000m PON Jawa Barat 2016

5. Atlet Sepak Bola

M. Ghozy (Gresik United), Alwi Slamat dan Muhammad Hidayat (Persebaya)

Alwi dan Hidayat adalah pemain bola kebanggaan arek-arek Suroboyo. Yakni Persebaya Surabaya. Alwi yang merupakan prajurit TNI tersebut kini didaulat sebagai kapten adalah pemain yang dikenal loyal dan ngeyel. Hal tersebut juga disematkan pada Hidayat. Loyalitas dan agresivitas dalam bermain yang membuat mereka berdua menjadi idola utama para bonek (fans Persebaya). Kedua atlit tersebut mengambil program studi Manjemen.

6. Atlet Futsal

Samuel Eko Putra Tambubolon dan

Hilmy Razan Priyadi. Keduanya adalah pemain Bintang Timur Surabaya (BTS). Sebuah tim futsal kebanggaan arek Suroboyo. Tim ini baru saja menyabet gelar bergengsi yakni Juara Liga Futsal Profesional 2021.

Dari kedua pemain tersebut, Samuel Eko adalah pemain kebanggaan Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia. Keduanya adalah mahasiswa Prodi Managemen.

7. Atlet Hockey

Kautsar Rafi Syadidan

Atlet kebanggan universitas ini telah berhasil meraih Juara II Cabor Hockey dan mendapatkan medali kategori indoor pada ajang Porprov VII.

8. Atlet Renang

Muchammad Pramudya Gandhi.

Atlet muda ini merupakan atlet berbakat yang digadang-gadang dan disiapkan untuk mengikuti kompetisi di tahun 2022 ini.

9. Atlet E-sport

Ahmad Syaifudin dan Arief Budi Kurniawan adalah atlet

E-sport atau olahraga elektronik yang saat ini sangat diminati banyak kalanagan. Setiap ada kompetisi peminatnya antre dari usia remaja sampai dewasa. Bahkan dari bermain game ini bisa mendapatkan uang gede.

Salah satu atlet yang banyak menorehkan prestasi adalah Arif Budi Kurniawan. Arif yang sekarang tergabung dalam Dewa United E-Sport adalah mahasiswa UM Surabaya ini sudah menorehkan prestasi dari beberapa turnamen.

Diantaranya adalah : Juara 1 AYLA di Jakarta, juara 1 Quialifikasi AYLA di Yogyakarta, juara 1 di ASL Series B, juara 1 Kelabang Cup, juara 1 Vindex Cup, peringkat 6 AOV Star League, peringkat 3 AOV Star League, dan juara 2 DG WIB.

10. Atlet Dayung

Fauzia Adji Fahrani

Atlet Dayung UM Surabaya berhasil meraih Juara III PRAPON Jawa Barat 2019, Juara III 500m PON Jawa Barat 2016, Juara III 1000m PON Jawa Barat 2016

37 atlet dari 10 cabang olahraga berbeda ini adalah kebanggan UMSurabaya dan Indonesia. Mereka semua telah mengukir banyak prestasi dalam kejuaraan nasional dan internasioal.