Masuk Gelombang 3, UM Surabaya Tetap Buka Besiswa KIP-K, Atlet, Influencer hingga Tahfidz

research
Ilustrasi gambar mahasiswa UM Surabaya (Dok: Humas)


Pendaftaran mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) telah memasuki gelombang 3 yang telah dibuka sejak 1 Juli hingga 31 Agustus 2022. Pada pendaftaran gelombang 3 ini UM Surabaya tetap konsisten membuka kesempatan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan melalui jalur 11 jalur beasiswa yang ditawarkan.

11 program beasiswa yang bisa dimanfaatkan para siswa diantaranya beasiswa KIP-K, beasiswa dhuafa, beasiswa atlet, beasiswa influencer dan alumni SMK IT, beasiswa difabel, beasiswa undangan, beasiswa warga sekitar, beasiswa alumni sekolah Muhammadiyah, beasiswa kader, beasiswa tahfidz dan beasiswa program Kuliah Berani Kerja (KBK)

Wakil rektor tiga UM Surabaya Ma’ruf Sya’ban yang membidangi bidang inovasi, sumber daya manusia kemahasiswaan dan alumni menjelaskan bahwa universitas akan terus berkomitmen untuk membantu masyarakat melalui program beasiswa yang ditawarkan. Hal ini merupakan upaya universitas dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan pendidikan.

“Tidak hanya beasiswa KIP-K, UM Surabaya membuka sebelas program beasiswa yang bisa dimanfaatkan  dengan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah beasiswa atlet, tahfidz, influencer, undangan hingga beasiswa difabel,”tutur Ma’ruf.

Menurutnya di momen-momen akhir setelah siswa tidak dinyatakan lolos jalur SBMPTN banyak siswa yang patah semangat dan pupus harapan terkait mencari beasiswa.

“Harapannya siswa tidak patah semangat dalam menggapai pendidikan. Di gelombang 3 ini UM Surabaya tetap konsisten membuka pendaftaran melalui jalur beasiswa yang ditawarkan,”imbuhnya lagi.

Untuk persyaratan beasiswa KIP-K (Non FK) diantaranya nilai raport semester I-V minimal 7,5. Melampirkan foto kondisi rumah dan melampirkan kartu KIP atau surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau/ kepala desa. Hak yang didapat terkait beasiswa KIP-K adalah bebas uang Gedung dan dana pendidikan kecuali formulir.

Sementara itu untuk persyaratan beasiswa Atlet diantaranya rekomendasi dari institusi yang kredibel, melampirkan sertifikat kejuaraan dan bersedia menandatangani kontrak dengan (BAKAI). Hak yang didapat bebas uang Gedung dan dana pendidikan kecuali formulir.

Selanjutnya untuk persyaratan beasiswa influencer adalah pendaftar harus memiliki akun media sosial yang aktif dan produktif, pendaftar juga harus bersedia menandatangani kontrak dengan (LIPMB). Hak yang didapat bebas uang Gedung.

Lebih lanjut lagi, terkait persyaratan beasiswa tahfidz, pendaftar diharuskan minimal hafal 3 juz Al-Quran dan bersedia menandatangani kontrak dengan BAKAI. Hak yang didapat terkait beasiswa tahfidz adalah bebas uang Gedung dan dana pendidikan kecuali formulir, herregistrasi persemester UTS/UAS dan praktikum.

Di akhir paparannya Ma’ruf juga menambahkan bahwa dampak pandemi jangan membuat pendidikan berhenti, ia juga mengajak kepada siswa yang tertarik kuliah di UM Surabaya untuk segera mendaftar baik itu jalur beasiswa yang telah disedikan atau jalur yang lain. Untuk informasi lebih lanjut terkait persyaratan sebelas program yang ditawarkan, calon mahasiswa bisa mengunjungi laman https://www.um-surabaya.ac.id.