Kapten Persebaya Alwi Slamat Dan Muhammad Hidayat Resmi jadi Mahasiswa UM Surabaya

research
Foto Rektor UM Surabaya bersama Kapten Persebaya Alwi Slamat dan Muhammad Hidayat


Alwi Slamat dan Muhammad Hidayat dua pemain senior Persebaya resmi mendaftar kuliah di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) pada Sabtu (4/6/22).

Alwi Slamat dan Muhammad Hidayat melengkapi beberapa persyaratan untuk menjadi mahasiswa UM Surabaya, di gedung A lantai 1 pada Lembaga Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB). Keduanya mengisi formulir pendaftaran melalui online, menjalani tes tulis dan mengumpulkan berkas-berkas yang disyaratkan.

Alwi yang merupakan pesepakbola professional dan berposisi sebagai kapten telah bermain untuk klub Persebaya Surabaya sejak 3 musim terakhir.

Dalam paparannya, Alwi akan mengambil Program Studi (Prodi) Manajemen.

Sementara itu, Muhammad Hidayat yang juga merupakan pemain andalan Persebaya sejak tahun 2017 dikenal dengan gaya bermain yang apik. Termasuk juga model dan gaya bermainnya dengan gaya sleding lawan untuk menguasai lini tengah.

Pria kelahiran Bontang 26 April 1996 tersebut juga memutuskan kuliah di UM Surabaya dengan mengambil jurusan yang sama dengan Alwi yakni Program Studi (Prodi) Manajemen. Menurutnya selain menjadi atlet ia juga ingin menjadi pengusaha.

Sebagai penerima beasiswa atlet, Dayat mengucapkan banyak terimakasih kepada UM Surabaya karena menjadi kampus yang sangat peduli dengan pendidikan atlet yang tidak hanya di Jawa Timur melainkan atlet di seluruh Indonesia.

“Saya memang ada fokus kuliah untuk meningkatkan kapasitas diri, dan syukur tahun ini bisa terealisasi dan mendapatkan kemudahan dari UM Surabaya dengan diberikan beasiswa penuh,”kata Pemain Persebaya bernomor punggung 96.

Sementara itu Alwi Slamat saat ditanya bagaimana cara mengatur waktu antara kuliah dan karier sepak bolanya dia sangat yakin dan optimis bisa menjalankan keduanya dengan baik.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin agar keduanya berjalan dengan seimbang. Pemberian kesempatan beasiswa ini bukan cuma-cuma tapi harus digunakan sebagaimana mestinya. Saya akan memberikan yang terbaik untuk UM Surabaya,”jelas Alwi.

Rektor UM Surabaya Sukadiono menjelaskan terkait program pemberian beasiswa kepada atlet tidak hanya dilakukan untuk kali pertama. Melainkan telah dilakukan pada beberapa tahun sebelumnya.

“Universitas konsisten sejak 4 tahun terakhir memberikan beasiswa penuh kepada para atlet. Tidak hanya atlet pemain Persebaya, namun juga atlet seluruh Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di UM Surabaya,”jelas Suko.

 

Suko menambahkan pemberian beasiswa ini sebagai upaya universitas dalam memberi kontribusi pada olahraga di Indonesia, sekaligus mendorong mahasiswa yang memiliki prestasi olahraga agar terus mengembangkan kemampuannya.

“Atlet yang diterima akan mendapatkan hak dengan dibebaskan uang gedung, dana pendidikan dan bebas biaya formulir,”jelas Suko lagi.

Menurutnya klub Persebaya adalah ikon kebanggaan warga Surabaya dan UM Surabaya akan sangat terbuka kepada pemain Persebaya lainnya jika ingin memanfaatkan kesempatan program ini.

Suko sangat berharap ilmu yang didapatkan para atlet di UM Surabaya akan sangat bermanfaat di kemudian hari, ketika sudah tidak lagi menjadi atlet lagi.