Jembatan Gladak Kahuripan Buatan Tim UM Surabaya Juarai Bridge Construction Competition

research


Kompetisi tingkat nasional berhasil dijuarai Tim UM Surabaya dengan total nilai 86,6965 tepat di atas Universitas Brawijaya. Tim UM Surabaya berhasil menyabet juara 2 dalam ajang Bridge Construction Competition yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Infrastruktur Sipil (DTIS) Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan diumumkan langsung, Kamis (28/10/2021)

Emfadhil, peserta Tim Makarya Baja UM Surabaya mengatakan BCC merupakan kompetisi perancangan dan pembuatan jembatan yang digelar tiap tahun. Dengan mengusung tema “Innovation of a Durable and Economic Bridge Design For Sustainable Infrastructure Development”.

“Jembatan Gladak Kahuripan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah desain jembatan yang inovatif, awet dan ekonomis serta membangun infrastruktur yang tahan lama, “singkatnya saat dikonfirmasi pada keterangan tertulis. Jumat (5/11/2021)

Tim Makarya Baja mengusung ide jembatan dengan sistem struktur rangka batang (Trutss Bridge) berjenis Pratt dengan panjang bentang jembatan yaitu 60m. Dengan tipe  rangka Through Parker Truss hingga menghasilkan sistem struktur yang paling efisien. Di wakili oleh tiga anggota tim yang didaftarkan sebagai peserta lomba antara lain Lukman Hakim, Nieneng Putri Rahayu dan Emfadhil Tribruari Hadist.

Sementara itu, Junaidy Fery Effendi selaku Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Inovasi (BAKAI) mengapresiasi capaian yang telah diraih mahasiswa Fakultas Teknik UM Surabaya. Harapannya lebih banyak lagi kompetisi yang diikuti baik secara nasional maupun internasional.