Universitas Muhammadiyah
Surabaya (UM Surabaya) adalah salah satu kampus yang menjadi pioner program
sponsorship dengan klub sepak bola nasional Persebaya. Sponsor memiliki efek
atau pengaruh yang kuat terhadap brand awareness kampus.
Rektor UM Surabaya Sukadiono
menegaskan bahwa dari hasil survei yang dilakukan terkait kerjasama UM Surabaya
dengan Persebaya selama 2 tahun terakhir mampu meningkatkan exposure brand
kampus.
“Ada peningkatan
signifikan dari orang yang sebelumnya tidak kenal atau tidak paham, akhirnya
menjadi paham. Hal tersebut relevan mengingat sepak bola adalah olah raga nomer
satu yang digemari di Indonesia,”jelas Suko pada Senin (18/7/22)
Selain itu juga, menurut
Suko tahun 2022 menjadi tahun peningkatan kolaborasi dengan Persebaya. Banyak
model kolaborasi yang ketika pandemi tidak dapat terealisasi. Beberapa hal
termasuk program magang, kolaborasi dengan bonek (fans Persebaya), workshop
sport marketing, program short course dan agenda-agenda menarik
lainnya.
“Tahun 2022 tahapannya
bukan lagi exposure. Kami ingin lebih pada tahap interesting, yakni tahapan
orang menjadi lebih tertarik pada UM Surabaya. Hal tersebut tentunya akan kami
wujudkan dengan kolaborasi apik di tahun 2022 ini,”imbuhnya lagi.
Ia juga menuturkan bahwa
dirinya sangat antusias terkait kerjasama UM Surabaya dengan Persebaya dan ia
akan terus mendukung perkembangan Persebaya sebagai juara di Liga 1 musim 2022.
“Tahun ini dua atlet
kebanggaan Persebaya Alwi Slamat dan Muhammad Hidayat resmi menjadi mahasiswa
UM Surabaya. Keduanya adalah penerima beasiswa atlet yang diberikan
universitas,”jelas Suko.
Menurutnya keberlanjutan
kerjasama ini sebagai penanda bahwa UM Surabaya tidak hanya menjadi
sponsorship, melainkan rumah kedua yang mewadahi pendidikan para atlet.