Dosen UM Surabaya Paparkan Pentingnya Manajemen Waktu di Awal Tahun

research
Ilustrasi gambar (Shutterstock)


Awal tahun 2023 bisa jadi sebagai awal melanjutkan mimpi dan cita-cita kita yang belum tercapai di tahun lalu, bahkan awal tahun bisa menjadi pelecut agar semakin giat mencapai target yang di inginkan.

Sebagai proses untuk mencapai impian dan target di tahun ini, maka beberapa kebiasaan perlu dikoreksi dalam kehidupan bahkan dirubah, mulai dari cara mengatur keuangan, disiplin hingga cara mengatur waktu.

Kebanyakan orang beranggapan memanajemen waktu adalah hal yang mudah, namun faktanya manajemen waktu bukan sekadar mengatur jam dan menit, tapi juga mengatur waktu jangka panjang dan pendek.

Febriyanto Firman Wijaya Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) UM Surabaya menyebut manajemen waktu di awal tahun sebagai langkah yang tepat untuk mengatur aktivitas yang produktif untuk ke depannya.

Agar target dan impian bisa tercapai, Ryan membagikan sejumlah tips memulai manajemen waktu yang baik.

Pertama, memanfaatkan waktu di pagi hari. Menurutnya, pagi hari merupakan salah satu waktu yang baik untuk menjaga kebiasaan-kebiasaan baik yang bermanfaat seperti berolahraga sebagai upaya menjaga kesehatan.

Kedua, menentukan skala prioritas. Dengan menentukan skala prioritas kita akan lebih ringan untuk melakukan berbagai tugas yang dimiliki, sehingga dapat lebih mengontrol hal-hal yang bermanfaat dan mana yang hanya membuang waktu.

“Terutama saat ada ajakan dari teman, saudara atau siapapun untuk mengikuti acara atau hanya sekadar nongkrong, maka jangan sungkan untuk mengatakan tidak, agar jadwal yang telah dijadwalkan tidak terganggu,”imbuh Ryan.

Ketiga jangan menunda-nunda. Menunda suatu perbuatan adalah sebuah perilaku yang buruk bahkan bisa jadi boomerang bagi seseorang suatu hari nanti.  

Keempat, menikmati proses, sejatinya setiap kehidupan manusia telah ditentukan oleh takdir Tuhan, namun semua usaha yang dikerjakan manusia tidak bisa instan sehingga perlu waktu untuk berproses dengan baik dan melakukan persiapan yang baik sampai impian atau cita-cita terkabulkan.

Kelima, perbanyak pengetahuan baru, mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah, membaca buku misalnya sebagai salah satu cara untuk menambah pengetahuan baru sehingga kita tidak tertinggal oleh zaman, dan terus update terkait perkembangan pengetahuan yang ada.

Keenam, menjaga waktu ibadah, menjaga ibadah merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses mengatur waktu, karena selain usaha dan niat yang kuat maka Ibadah kepada Tuhan yang maha kuasa menjadi hal yang wajib.

“Menjalankan tuntunan ibadah, berdoa dan selalu berbuat baik kepada setiap manusia menjadi penyeimbang utama dalam menjalani kehidupan,”pungkas Ryan.