Dosen UM Surabaya Paparkan Bahaya Charger HP Sambil Menggunakan Headset

research
Ilustrasi gambar (Shutterstock)


Menggunakan headset sambil mengisi daya hp seringkali menjadi kebiasaaan buruk  banyak orang. Mengisi daya hp sambil menggunakan headset telah menimbulkan berbagai kejadian, mulai dari kasur terbakar, meledak, kebakaran bahkan kematian seseorang.

Dalam keterangan tertulis, Dosen Fakultas Teknik UM Surabaya Lukman Hakim memaparkan sejumlah alasan bahaya mencharger hp sambil menggunakan headset saat digunakan.

Menurut Lukman, pertama HP mudah panas, karena handphone harus mengerjakan beberapa aktivitas dalam waktu bersamaan seperti mendengarkan lagu, mencharge dan belum lagi biasanya membuka media sosial tertentu, hal tersebut mengakibatkan HP overheat.

“Kedua memperpendek umur baterai. Bahaya charger HP sambil menggunakan headset saat tidur akan membuat baterai mengalami tegangan tinggi, maka sangat perlu memastikan hanphone memiliki fitur stop charging apabila daya sudah maksimal,”tutur Lukman Senin (26/12/22)

Ketiga terjadinya konsleting, karena bermain HP dibarengi dengan pengisian daya ponsel menggunakan colokan charger atau adapter ponsel yang tidak asli dan tidak standar menimbulkan rentan terjadinya kebocoran listrik.

Terakhir, masalah kesehatan. Penggunaan headset yang tidak sesuai aturan dan berlangsung lama menyebabkan telinga sering berdenging, menimbulkan infeksi pada telinga. 

“Belum lagi telinga yang tidak cukup kuat menanggung beban suara keras dari headset akan menyebabkan kerusakan pada fungsi telinga,”pungkas Lukman.