Dosen UM Surabaya Bagikan Tips Cara Hemat Membangun atau Merenovasi Rumah

research
Ilustrasi gambar (Shutterstock)


Belanja hemat pasti didambakan semua orang termasuk ketika akan membangun atau merenovasi rumah. Berbagai cara akan dilakukan untuk berhemat, mulai dari mencari tenaga tukang yang murah hingga memilih material yang bagus dan murah.

Namun demikian tidak banyak orang yang sukses dalam berhemat saat membangun atau merenovasi rumah.  Kebanyakan biaya yang dihabiskan melampaui budget yang disediakan. Apalagi rumah adalah tipe bangunan yang bersifat personal dan banyak melibatkan hal-hal yang subyektif dalam mewujudkannya.

Vippy Dharmawan Dosen Fakultas Teknik (FT) Prodi Arsitektur UM Surabaya membagikan beberapa tips cara berhemat membangun atau merenovasi rumah agar rumah impian bisa terwujud.

Tips pertama adalah miliki perencanaan yang matang. Sebelum kegiatan membangun rumah dilakukan seseorang harus menetapkan apa yang akan dibangun atau direnovasi, berapa anggaran yang disediakan, berapa lama pelaksanaan pekerjaannya, serta siapa yang akan melaksanakannya. Ini akan mencegah seseorang melakukan pemborosan.

“Gambar bangunan, walaupun dalam wujud gambar sederhana, harus dimiliki. Makin teliti dan lengkap,  makin memudahkan pelaksanaan di lapangan,”jelas Vippy Selasa (26/7/22)

Menurut Vippy, gambar juga diperlukan untuk menghitung biaya yang akan dihabiskan. Sehingga langkah-langkah penghematan bisa direncanakan dari awal. Umumnya renovasi ringan atau membangun rumah kecil cukup memerlukan gambar sketsa sederhana yang bisa dilakukan sendiri.

“Pada banyak kasus menggunakan jasa perencana bangunan atau arsitek sangat direkomendasikan. Tidak seperti dulu di tahun 80an atau 90an tenaga arsitek masih langka dan mahal. Saat ini sangat mudah mendapatkan arsitek yang dapat membantu anda membuatkan desain rumah yang diinginkan,”imbuhnya lagi.

Tips kedua untuk menghemat biaya adalah pengetahuan tentang bangunan. Walaupun seseorang awam di bidang bangunan, tidak ada salahnya seseorang mencari referensi di internet, toko buku, atau toko bangunan tentang segala hal yang terkait dengan bangunan.

“Pengetahuan sederhana tentang material serta konstruksi sangat membantu. Dengan pengetahuan ini seseorang bisa memilih bahan material serta konstruksi yang paling murah namun tepat untuk digunakan saat membangun rumah,”katanya.

Menurut Vippy, tips terakhir adalah seseorang harus menentukan di awal siapa yang akan melaksanakan pekerjaan pembangunan atau renovasi nantinya. Jika seseorang punya banyak waktu luang, cukup punya kesabaran, serta rumah yang akan dibangun atau direnovasi tidak terlalu rumit, seseorang bisa melaksanakannya sendiri untuk menghemat biaya jasa kontraktor.

“Sebaliknya, jika seseorang terikat oleh pekerjaan dan tidak punya banyak waktu luang, menggunakan jasa kontraktor akan jauh lebih hemat,”tegasnya.

Menurut penjelasannya, untuk mengawasi dan mengarahkan pekerja di lapangan cukup menguras waktu, tenaga, dan emosi,  juga untuk mencari dan memilih material bangunan yang harus dibeli. Sehingga risiko pemborosan karena salah pekerjaan atau salah beli material jauh lebih besar dibandingkan penghematan dari penggunaan jasa kontraktor.