Dosen UM Surabaya Bagikan 5 Tips Raih Nilai Tinggi Ujian TOEFL

research
Ilustrasi gambar (Shutterstock)


TOEFL atau Test of English as a Foreign Languange Paper Based Test adalah sertifikat kemampuan Bahasa inggris yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan seseorang menguasai bahasa asing tersebut. Sertifikat TOEFL menjadi berkas ataupun dokumen penting yang sangat berpengaruh dalam urusan akademik maupun karier.

Waode Hamsia Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UM Surabaya menyebut semakin tinggi skor TOEFL seseorang, semakin lebih bermanfaat sertifikat tersebut karena akan mempermudah saat digunakan melamar kerja atau melamar beasiswa.

Lantas apa saja tips yang bisa dilakukan agar meraih nilai tinggi saat ujian TOEFL? Berikut rinciannya:

Pertama, sering menonton film bahasa inggris. Menurut Waode hal ini menjadi metode yang menyenangkan karena mobile friendly dan mampu meningkatkan kepekaan indera pendengaran karena terbiasa dengan bahasa asing sekaligus mendapatkan hiburan.

“Seseorang bisa memulainya dengan memahami percakapan tanpa subtitle, dengarkan percakapannya dan bagaimana mereka mengucapkan kata-kata dalam bahasa inggris. Jika ada yang tidak dipahami , segera catat dan cari artinya dalam kamus,”kata Waode Senin (16/1/23)

Kedua, biasakan ngobrol dengan bahasa inggris. Hal ini akan memudahkan sekaligus menerapkan dan mengoreksi pronunciation dan aksen dari setiap kosakata bahasa inggris. Selain itu mengobrol bahasa inggris dengan diri sendiri atau dengan orang lain akan membangun kepercayaan diri sekaligus membangun habit positif.

Ketiga, pilih genre favorit lagu berbahasa inggris dan nyanyikanlah setiap hari. Menurut Waode, nada lagu yang menyenangkan membuat otak lebih mudah menyerap setiap kosakata bahasa asing dan mudah untuk mengingat, karena setiap lagu memiliki kekuatan lirik dan emosi personal.

“Mendengarkan musik barat atau inggris akan sangat membantu seseorang dalam memperlancar atau meningkatkan kosakata (vocabulary), selain itu langkah ini akan memperkuat listening seseorang menjadi lebih baik,”imbuhnya lagi.

Keempat, perbanyak referensi bacaan berbahasa inggris. Lakukan ini dengan membaca buku bilingual atau novel bahasa inggris, ubah menu pengaturan hp dengan bahasa inggris.

“Agar tidak membosankan selama proses belajar, hindari novel-novel yang terlalu berat, cari genre yang disukai,”katanya lagi.

Terakhir, pelajari serba-serbi tes TOEFL dan simulasikan. Waode menjelaskan untuk mencapai target ini seseorang perlu membuat target skor mandiri yang ingin diperoleh. Lakukan uji speaking hingga reading setiap hari.

“Belajarlah dengan konsisten setiap hari. Usahakan belajar dengan disiplin, paling tidak alokasikan waktu minimal satu jam setiap hari untuk melatih kemampuan bahasa inggris sehingga bisa lulus ujian TOEFL dengan nilai yang memuaskan,”pungkas Waode.