Berliana Indah, Mahasiswa UM Surabaya Raih Juara 2 di Pilmapres PTMA Tahun 2022

research
Foto Berliana Indah saat mengikuti ajang Pilmapres (Dok: Humas)


Berliana Indah Shafa Putri, mahasiswi Program Studi (Prodi) S1 Keperawatan UM Surabaya dinobatkan sebagai pemenang juara 2 di liga 2 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tingkat nasional yang diadakan antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia pada Sabtu (4/6/22)

Ia menyabet gelar dan menjadi juara 2 setelah melewati babak final dan  bersaing dengan 52 mahasiswa dari berbagai Universitas Muhammadiyah dan Aisyiyah di Indonesia. Salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Sorong, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Muhammadiyah Kalimantan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah yang lain.

“Awal mula tahu ajang ini karena dipilih oleh Biro Administrasi Kemahasiswaann Alumni dan Inovasi (BAKAI). Selain itu saya memang ingin ikut Pilmapres sejak lama. Bersyukur diberikan kesempatan untuk mewakili UM Surabaya dan bersaing dengan kampus Muhammadiyah Aisyiyah di Indonesia,”ujar Berliana.

Berliana menuturkan, sebelum dinobatkan sebagai juara ia mengikuti serangkaian proses mulai dari seleksi administrasi, pengunggahan video, menggunggah poster dan deskripsi diri, babak final hingga pengumuman juara.

“Ada empat indikator saat penilaian diantaranya pengalaman organisasi, peran di masyarakat, kemampuan bahasa inggris dan terakhir penilaian saat forum diskusi dalam bahasa inggris yang dilanjutkan dengan adu argumen dengan peserta lain,”kata Berliana.

Gadis kelahiran Tuban, 24 Februari 2001 tersebut menjelaskan gagasan kreatifnya saat mengikuti Pilmapres adalah isu stunting.

“Jadi gagasan yang saya buat adalah aplikasi stunting. Kedepannya akan ada info tentang stunting dengan sasaran promotif kepada calon pengantin. Ada juga resep olahan makanan agar gizinya tidak hilang,”jelasnya.

Menurutnya menjadi pemenang Pilmapres memiliki tanggung jawab yang besar. Karena harus mampu menyebarkan manfaat dan tetap produktif. Menurutnya setelah ini ia akan melanjutkan Pilmapres yang diadakan Dikti.

Mahasiswa semester 6 ini juga berharap agar kedepannya memiliki banyak kesempatan untuk mewakili kampus di berbagai perlombaan dan melanjutkan studi ke luar negeri.

Sementara itu Junaidi Fery Efendi Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) mengapresiasi capaian yang telah diraih mahasiswa Fakultas Keperawatan UM Surabaya. Harapannya kompetisi yang diikuti menjadi titik awal untuk berprestasi, baik ditingkat nasional maupun internasional.