Akyas Aid, Mahasiswa UM Surabaya Terpilih Menjadi Duta Wisata

research


Akyas Aid Showwam, mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan UM Surabaya dinobatkan sebagai Duta Wisata Bojonegoro dalam ajang pemilihan yang diadakan Dinas Pariwisata di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada Sabtu (6/11/2021)

Ia menyabet gelar dan menjadi juara 1 setelah melewati babak final dan  bersaing dengan mahasiswa dari berbagai Universitas. Universitas Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, ISI Yogyakarta, Universitas Telkom Bandung dan Perguruan Tinggi di Bojonegoro.

“Awalnya saya hanya mencoba, tapi saya tidak menyangka akhirnya bisa terpilih jadi Duta Wisata dan dinobatkan sebagai Kange 2021, pemilihan Duta Wisata Kange dan Yune selalu menjadi kompetisi yang ditunggu anak-anak muda Bojonegoro,”ujarnya saat diwawancara Sabtu (6/11/2021)

Tidak hanya itu, kemenangannya menjadi sesuatu yang tidak ia sangka karena sebagai mahasiswa Keperawatan ia tidak memiliki latar belakang akademik yang berkaitan dengan dunia pariwisata.

Akyas menuturkan, sebelum dinobatkan menjadi Duta Wisata, ia dan peserta lain mengikuti serangkaian proses penilaian, seperti pertunjukkan bakat, tes akademik, wawancara serta presentasi mengenai objek wisata daerah.

“Selama dua hari kita mengikuti karantina dan proses penilaian oleh juri-juri dari Kementrian Pariwisata, Asosiasi Duta Wisata, Budayawan serta pemerhati pariwisata,”jelasnya.

Sebagai Duta Wisata ia juga ingin mengajak pemuda-pemudi di daerah untuk turut mengambil bagian sebagai Duta Wisata dengan caranya masing-masing, dengan memanfaatkan setiap media sosial yang ada saat ini.

Meski dalam waktu dekat ia sudah harus memulai tugasnya sebagai Duta Wisata, mahasiswa semester 7 ini tidak melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswa keperawatan di UM Surabaya, karena itu, ia berkomitmen untuk tetap menjalankan studinya dengan sebaik mungkin selagi menjalankan tugas bagi promosi pariwisata selama dua tahun kedepan.

Sementara itu Junaidy Fery Efendi selaku Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Inovasi (BAKAI) mengapresiasi capaian yang telah diraih mahasiswa Fakultas Keperawatan UM Surabaya. Harapannya kompetisi yang diikuti menjadi titik awal untuk berprestasi, baik ditingkat daerah, nasional maupun internasional.