5 Mahasiswa UM Surabaya Borong Juara di Ajang PIMTANAS

research
Foto poster 5 mahasiswa UM Surabaya raih juara di ajang PIMTANAS (Humas)


Lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) berhasil memborong 5 juara di ajang Pekan Ilmiah Perguruan Tinggi Swasta Nasional (PIMTANAS) Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarkan oleh Pusat Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (Puspresma PTMA).

Dalam ajang bergengsi tersebut lima mahasiswa UM Surabaya  berhasil memenagkan 3 katagori yakni katagori poster, katagori presentasi PKM PM dan katagori Riset Eksakta.

Dalam katagori poster Malika Ilma Alkautsar (S1 Farmasi) berhasil meraih juara 2 PKM RE, Dela Tamara Agustin (S1 Manajemen) berhasil meraih juara 3 poster PKM K. Katagori Presentasi PKM PM, Nurusy Syahrotir Rohmah (S1 Pendidikan Matematika) berhasil meraih juara 3 dan Fira  Surmawati Moh. Saleh (S1 Pendidkan Matematika) berhasil meraih juara harapan. Sementara katagori PKM Riset Eksakta berhasil diraih Malika Ilma Al Kautsar (S1 Farmasi) dan juara 3 dimenangkan Tazkia Fauziatus  Sa’adah (S1 Farmasi)

Sementara itu, dalam keterangan tertulis Nurusy Syahrotir Rohmah yang berhasil memenangkan PKM Pengabdian Masyarakat (PM) dalam bentuk media pembelajaran etnomatematika Engklek’s Smart Card berbasis Augmented Reality untuk siswa tunagrahita SDLB/C AKW Kumara II Surabaya.

Mahasiswa asal Gresik tersebut menyebut, media pembelajaran Engklek’s Smart Card yang dibuatnya tidak berhenti sampai tahap ini saja, namun perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk menyempurnakan media dan perlu dukungan dari semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

“Saya sangat berharap media pembelajaran Engklek’s Smart Card dapat digunakan siswa tunagrahita di seluruh Indonesia ke depannya,”kata Nurus Senin (2/1/23)

Selain itu, ia juga berharap media yang dibuatnya akan mengedukasi kepada orang tua anak tunagrahita mengenai metode pembelajaran matematika yang tepat serta menghasilkan  inovasi media pembelajaran matematika bagi anak tunagrahita yang dapat menunjang proses pembelajaran

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) UM Surabaya Junaidi Fery Efendi menyebut capian yang diraih oleh 5 mahasiswa UM Surabaya ini adalah capaian akhir tahun yang luar biasa dan akan terus ditingkatkan ke depannya.

“Syukur Alhamdulillah atas capaian yang diraih, karena selain proses penyeleksian yang ketat, ajang ini juga diikuti seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di seluruh Indonesia,”kata dia.

Ia berharap gagasan atau produk yang dihasilkan mahahasiswa UM Surabaya tidak berhenti di ajang perlombaan tapi dapat terus berkembang lebih jauh sehingga bisa lebih bermanfaat di banyak bidang.

“Semoga ke depan lebih banyak lagi ide gagasan, produk inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa UM Surabaya untuk memecahkan masalah, salah satunya di bidang pendidikan,”pungkasnya.