15 Mahasiswa UM Surabaya Siap Kenalkan Budaya Indonesia di Ajang Internasional Singapore from Your Home 2022

research
Ilustrasi foto mahasiswa UM Surabaya (Dok: Humas)


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan lolos program International Singapore from Your Home 2022: Culture Exchange Party pada Kamis (16/6/22)

15 mahasiswa yang lolos diantaranya 9 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Inge Maretta, Dizzy Vreda Rachmaneta, Aidah Nur Aini, Jashinta Andriani Putri, Nur Ilah Soviyanti, Safira Salzabila, Avionilla Tajkia, Fadiya Rosa, Tahmida Ihszia Rahmah dan Syahroni Mustaqim. Rizkiadi (Teknik Informatika), Taninda Mey Tantika (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Aqui Ramhadania Salsabila Nafacilano (Keperawatan), Calvin Akbar Firdaus (Teknik Perkapalan) dan Yanuar Ramahana Fadhila (Ilmu Hukum)

Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) UM Surabaya Pramudana Ihsan menjelaskan bahwa mahasiswa UM Surabaya siap memperkenalkan budaya Indonesia di ajang International Singapore From Your Home 2022. Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama yang memfasilitasi mahasiswa dari berbagai universitas dunia untuk memperkenalkan budaya masing-masing.

“15 mahasiswa yang terpilih dari berbagai disiplin ilmu ini akan memperkenalakan keberagaman budaya Indonesia selama dua hari yakni tanggal 24-27 Juni mendatang,”tutur Pram Jumat (17/6/22)

Menurut Pram Indonesia memiliki warisan budaya yang beragam yang bisa diperkenalkan di kancah dunia seperti batik, tari, makanan khas, bahasa, seni wayang, gamelan dan lain sebagainya.

Pram juga menambahkan untuk bisa mengikuti ajang ini mahasiswa melewati proses seleksi mulai dari rekomendasi dari prodi dan menunjukkan kemampuan bahasa inggris.

“Saya berharap mahasiswa yang mendapatkan kesempatan belajar dapat memanfaatkan ini dengan sebaik-baiknya sebagai proses pengembangan diri di kampus luar negeri. Ke depannya kami akan lebih fokus dan terus berkomitmen agar mahasiswa yang lolos dan diterima lebih banyak,” imbuh Pram.

Sementara itu, Taninda Mey Tantika salah satu peserta yang lolos menyampaikan rasa harunya karena lolos program bergengsi ini. Menurutnya ia akan menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Bersyukur lolos program, jujur ini adalah mimpi saya. Kesempatan emas ini akan saya gunakan dengan sebaik-baiknya untuk belajar bahasa dan memperkenalkan budaya Indonesia ,”tutur Tantika

Dalam keterangan tertulis Tantika juga mengucapkan terimakasih kepada para dosen yang telah membimbing dari awal pendaftaran hingga lolos seleksi.