masih proses perbaikan...

Sarjana

PROGRAM SARJANA (S-1)

Universitas Muhammadiyah Surabaya


 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Program studi matematika  menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi, diantaranya : (1)  menjadi tenaga pendidik dan kependidikan yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi yang berlandaskan pada nilai ke-Islaman. (2) memiliki kemampuan sebagai peneliti dalam bidang pendidikan matematika,seperti: penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian eksperimen, dll. (3) memiliki kemampuan dalam pengelolaan pendidikan, terutama dalam hal keterampilan mengembangkan bahan ajar dan pembelajaran matematika secara aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. (4) memiliki daya sinergi tinggi dalam pengembangan intelektual dan dasar-dasar nilai keislaman, memiliki jiwa wirausaha sehingga mampu bersaing dalam suasana global.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

Program studi pendidikan biologi menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi, diantaranya : (1)  mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik  dan memanfaatkan  ipteks pada proses pembelajaran biologi  dalam penyelesaian masalah, serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi  (2)  Menguasai konsep teoretis pendidikan  secara umum dan konsep teoritis pembelajaran dalam bidang biologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian  masalah prosedural. (3) Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (4) Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat  diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi, diantaranya (1)  memiliki kompetensi penalaran bidang pendidikan, profesional, bermoral, berakhlak mulia, dan berorientasi ke depan. (2) memiliki kemampuan merancang, membaca, menganalisis, dan pengambilan keputusan yang tepat dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (3) keterampilan dalam menganalisis peristiwa-peristiwa pendidikan dalam masyarakat serta memahami kesesuaiannya dengan ajaran Islam. (4) Kemampuan dalam pengelolaan pendidikan

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Program studi pendidikan bahasa inggris menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi, diantaranya (1)  Mampu menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kependidikan  bahasa Inggris yang berakhlak  mulia, berkompetensi profesional, paedagogik, sosial, dan berkepribadian. Lulusan jurusan pendidikan bahasa Inggris  akan berperan penting dalam menunjang program pemerintah di jenjang pendidikan mulai dari  TK, SD, SMP, hingga SMA sederajat. (2) Mampu menyiapkan peserta didik menjadi peneliti  yang dapat menemukan, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan, kebahasaan, dan kesusastraan. (3) Mampu menyiapkan peserta didik mempunyai soft skill yang kuat sehingga  peserta didik bisa berkarir di luar area pendidikan formal tetapi masih berkaitan dengan ilmu yang mereka dapat di prodi pendidikan bahasa Inggris seperti penerjemah dan wirausahawan di bidang pendidikan.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI (PG PAUD)

Program studi pendidikan guru PAUD menghasilkan lulusan yang akan menjadi (1)  Guru PAUD profesional (2) Manager PAUD dan Taman Penitipan Anak (3) Pendiri dan pengelola   Lembaga PAUD dan Taman Penitipan Anak (4) Pengelola dan pengembang sanggar seni Anak Usia Dini (5) Pencipta   karya seni ( lagu , tari, drama, dll ) Anak Usia Dini.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Program studi pendidikan agama islam menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi antara lain (1)  Dalam penyelenggaraan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan agama Islam yang berkualitas dan profesional. (2) Dalam pengembangan metodologi keilmuan dan keguruan dalam bidang pendidikan agama Islam.

PROGRAM STUDI AHWAL AL SYAKHSYIYAH

Program studi ahwal al syakhsyiyah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi antara lain (1)  Di bidang hukum kekeluargaan Islam. (2) Kompeten dalam menggali dan mengembangkan nilai-nilai syari’at Islam. (3) Kompeten dalam mengaplikasikan ilmu hukum kekeluargaan Islam (4) Kompeten dalam mengaplikasikan ilmu dan keterampilan hukum kekeluargaan Islam pada lembaga peradilan Islam dan lembaga non-peradilan di Indonesia.

PROGRAM STUDI PERBANDINGAN AGAMA (USHULUDIN)

Program studi perbandingan agama menghasilkan lulusan yang memiliki spesialisasi dalam perbandingan agama, berwawasan pluralis, dan menjadi konsultan di lembaga keagamaan, serta mencetak mubaligh/mubalighat yang mampu memberikan pencerahan kepada ummat.

PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH
Program studi perbankan syariah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi (1) mampu memahami kaidah mu’amalah dalam wilayah keuangan dan perbankan syariah (2) Mampu mengaplikasikan antara teorisasi keuangan dan perbankan dalam praktik perbankan syari’ah (3) Mampu memahami praktik dan alur kerja di perbankan syari’ah (4) Mampu memahami lembaga lembaga keuangan syari’ah (5) Memiliki sikap dan moral yang baik, tangguh, unggul, dan mandiri demokratis dan professional.(6) Menguasai subtansi dan metodologi dasar keilmuan (7) Menguasai dan mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi bidang pekerjaan di industry perbankan syariah (8) Menjadi tenaga professional di bidang Perbankan Syariah yang menguasai bidang

  • Mampu memahami kaidah mu’amalah dalam wilayah keuangan dan perbankan syariah
  • Mampu mengaplikasikan antara teorisasi keuangan dan perbankan dalam praktik perbankan syari’ah
  • Mampu memahami praktik dan alur kerja di perbankan syari’ah
  • Mampu memahami lembaga lembaga keuangan syari’ah
  • Memiliki sikap dan moral yang baik, tangguh, unggul, dan mandiri demokratis dan professional.
  • Menguasai subtansi dan metodologi dasar keilmuan
  • Menguasai dan mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi bidang pekerjaan di industry perbankan syariah
  • Menjadi tenaga professional di bidang Perbankan Syariah yang menguasai bidang pekerjaan
- See more at: http://stia.almaata.ac.id/s1-perbankan-syariah/#sthash.mEnY916X.dpuf
  • Mampu memahami kaidah mu’amalah dalam wilayah keuangan dan perbankan syariah
  • Mampu mengaplikasikan antara teorisasi keuangan dan perbankan dalam praktik perbankan syari’ah
  • Mampu memahami praktik dan alur kerja di perbankan syari’ah
  • Mampu memahami lembaga lembaga keuangan syari’ah
  • Memiliki sikap dan moral yang baik, tangguh, unggul, dan mandiri demokratis dan professional.
  • Menguasai subtansi dan metodologi dasar keilmuan
  • Menguasai dan mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi bidang pekerjaan di industry perbankan syariah
  • Menjadi tenaga professional di bidang Perbankan Syariah yang menguasai bidang pekerjaan
- See more at: http://stia.almaata.ac.id/s1-perbankan-syariah/#sthash.mEnY916X.dpuf

PROGRAM STUDI AKUNTANSI

Program studi akuntansi menghasilkan lulusan dalam bidang akuntansi antara lain (1) Memahami dasar-dasar ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi, konsep, teori dan praktik akuntansi (2) memiliki kemampuan penguasaan metode penelitian dan pengembangan akuntansi, (3) Mampu mengimplementasikan akuntansi dalam berbagai jenis organisasi. (4) Menguasai teknologi informasi dan mampu mengembangkan sistem (informasi) akuntansi.  (5) Mampu melaksanakan audit keuangan dan jasa atestasi lainnya. (6) Menguasai dan mengimplementasikan bidang perpajakan. (7) Menguasai bidang manajemen keuangan yang terkait dengan profesi akuntansi. (8) Mampu memimpin implementasi aplikasi akuntansi dan bisnis lainnya.

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Program studi manajemen menghasilkan lulusan dalam bidang manajemen antara lain (1) memiliki wawasan dan menguasai pengetahuan dasar manajemen dan bisnis  dan penggunaannya untuk pengambilan keputusan manajemen dan proses bisnis secara professional  (2) memiliki etika profesi dan mampu bersikap professional baik ketika menjalankan peran entrepreneurs maupun intrapreneurs.

PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL

Program studi teknik sipil menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang (1) Dasar-dasar teknik sipil (2) Rekayasa bidang struktur (3) Rekayasa bidang transportasi (4) Bidang manajemen konstruksi

PROGRAM STUDI TEKNIK ARSITEKTUR

Program studi teknik arsitektur menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang (1) Arsitektur aplikatif berlandaskan nilai-nilai Islam. (2) menjadi Arsitek Profesional, kontraktor bangunan, akademisi,  pengusaha konstruksi.

PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN

Program studi teknik mesin menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang (1) Kompetensi dalam Mekanika dan Manufaktur. Menguasai sifat-sifat material, perencanaan, dan perhitungan-perhitungan pada suatu konstruksi mesin, serta mampu melaksanakan pengujian kekuatan material sesuai dengan performance yang diinginkan. (2) Kompetensi dalam Konversi Energi.  Menguasai asas-asas sistem konversi energi yang digunakan pada mesin pembangkit tenaga, serta mampu merancang dan mengoperasikan mesin konversi energi.

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

Program studi teknik elektro menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang Sistem Tenaga (Power System)

PROGRAM STUDI TEKNIK PERKAPALAN

Program studi teknik perkapalan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang (1) dibidang sistim permesinan kapal (2)  dibidang teknologi produksi kapal yang berfokus pada sistim penyambungan logam (pengelasan). (3) kemampuan untuk design kapal (4) perancangan (mendesign) suatu kapal berdasarkan peraturan yang berlaku. (5) Mampu menggunakan software komputer bidang perkapalan (software Maxsurf, AutoCad, Ansis). (6) melakukan investigasi, menganalisa dan memecahkan permasalahan dalam bidang perkapalan (permasalahan survey-survey perkapalan) (7) melakukan investigasi dan menganalisa permasalahan di bidang industri perkapalan (teknologi produksi) (8) kemampuan berwiraswasta di bidang survey kapal dan non kapal (9) merancang dan memproduksi kapal non ferro (kapal fiber glass dan kapal kayu) (10) kemampuan dalam memanagement galangan kapal (industri kapal).

PROGRAM STUDI ILMU HUKUM

Program studi ilmu hukum menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang (1) Hukum Bisnis (2) Peradilan (3) Pemerintahan

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

Program studi ilmu keperawatan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai (1) Profesional Care Provider (Pemberi pelayanan keperawatan) (2) Community leader (pemimpin dikomunitas) (3) Educator (pendidik) (4) Manager (pengelola) (5) Researcher (peneliti pemula) dalam bidang keperawatan.

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

Program studi paikologi menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi (1) mampu melakukan penyelesaian persoalan psikologis dan pengembangan potensi individu, kelompok, organisasi, komunitas dibawah supervisi; dengan metode dasar-dasar psikodiagnostik berdasarkan perspektif psikologi; menunjukkan hasil lulusan yang empatik, cermat, dan komunikatif; dalam kondisi non-klinis, individual, kelompok, organisasi, dan komunitas (2) Menguasai teori dan pendekatan psikologi serta dasar-dasar psikodiagnostik; untuk dapat melakukan penyelesaianpersoalan psikologis dan pengembangan potensi individu, kelompok, organisasi, komunitas dibawah supervisi (3) Mampu mengelola kerja diagnosis, konsultasi, riset, pengajaran, dan pelatihan di bidang psikologi dibawah supervisi, dan memiliki sikap penghormatan pada harkat dan martabat manusia, integeritas dan sikap ilmiah, profesional, keadilan, manfaat, serta kritis berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia