masih proses perbaikan...

Struktur Organisasi di Universitas Muhammadiyah Surabaya

 

Dr. dr. Sukadiono, MM

Rektor

 

Dr. A.Aziz Alimul Hidayat, Ns, M.Kes    Dr. Mahsun Jayadi, M.Ag                                  Dra. Masula, MA

          Wakil Rektor 1                                  Wakil Rektor 2                                         Wakil Rektor 3

 

 Tugas Pokok dan Fungsi Unit Kerja di Universitas Muhammadiyah Surabaya

No.

Nama Generik Unit

Nama Unit di Perguruan Tinggi

Tugas Pokok dan  Fungsi

(1)

(2)

(3)

(4)

1

Pimpinan institusi

Rektor

  • Memimpin pembinaan Al Islam dan kemuhammadiyahan pada sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Memimpin pelaksanaa pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat
  • Penanggung jawab utama dalam melaksanakan arahan, kebijakan umum, dan menetapkan peraturan serta norma di Universitas Muhammadiyah dengan pertimbangan senat Universitas

Wakil Rektor 1

(bidang akademik)

  • Mengoordinasikan, memfasilitasi dan memotivasi penyelenggaraan kegiatan akademik (pendidikan dan pembelajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat);
  • Mengendalikan mutu hasil kegiatan akademik;
  • Memfasilitasi pengembangan strategi pembelajaran;
  • Melaksanakan peningkatan dan pengembangan kualitas dosen

Wakil Rektor 2

(bidang administrasi umum, SDM dan keuangan)

  • Mengelola aset dan segala sarana dan prasarana Universitas Muhammadiyah Surabaya untuk menunjang penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan;
  • Mengelola sumber daya keuangan dan sumber daya manusia untuk mendukung kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan;
  • Memfasilitasi dan mendukung upaya pembinaan karir dosen dan staf administrasi
  • Merencanakan dan mendukung upaya perencanaan dan pengembangan Universitas dalam hal fisik, akademik, SDM dan keuangan dalam rangka pencapaian visi dan misi sesuai Renstra

Wakil Rektor 3

(bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama)

  • Membina dan fasilitasi kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan penalaran, bakat, minat dan kesejahteraan mahasiswa (beasiswa), serta alumni;
  • Membina kegiatan mahasiswa dalam rangka terciptanya kultur akademik;
  • Mengupayakan peningkatan sumber daya untuk mendukung proses akademik mahasiswa
  • Membina dan mengembangkan hubungan kerjasama Universitas  dengan pemangku kepentingan dalam rangka pengembangan Universitas

2

Senat perguruan tinggi/senat akademik

Senat Universitas

  • Merumuskan kebijakan akademik dan perkembangan universitas;
  • Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian sivitas akademika sesuai tuntunan islam;
  • Merumuskan norma dan tolok ukur penyelenggaraan universitas;
  • Memberikan persetujuan atas rencana anggaran pendapatan dan belanja universitas yang diajukan oleh rektor;
  • Menilai pertanggungjawaban rektor atas kebijakan yang telah ditetapkan.
  • Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan universitas;
  • Memilih dan memberikan pertimbangan terhadap calon rektor;
  • Memberikan pertimbangan terhadap calon wakil rektor dan calon direktur program pasca sarjana dari aspek kepemimpinan;
  • Menegakkan norma-norma yang berlaku bagi sivitas akademika;
  • Mengukuhkan pemberian gelar doktor kehormatan dari universitas;
  • Melakukan pengawasan pelaksanaan angaran pendapatan belanja universitas;
  • Memberikan pertimbangan kepada menteri Pendidikan dan Kebudayaan berkaitan dengan pegusulan dosen untuk mendapatkan jabatan lektor kepala dan guru besar.

3

Satuan pengawasan

Satuan Pengawasan Internal

  • Menyusun program pengawasan bidang non akademik;
  • Melaksanakan pengawasan kebijakan dan program non akademik;
  • Melaksanakan pengawasan pengelolaan kepegawaian, keuangan, dan barang;
  • Memantau dan mengkoordinasikan tindak lanjut hasil pemeriksaan internal dan eksternal;
  • Melakukan pendampingan dan telaah laporan keuangan;
  • Memberi saran dan rekomendasi atas hasil audit kepada rektor;
  • Menyusun laporan hasil pengawasan; dan
  • Melaksanakan evaluasi hasil pengawasan

4

Dewan pertimbangan

Dewan Penyantun

  • Memberikan pertimbangan dalam memecahkan permasalahan universitas yang anggotanya terdiri atas tokoh-tokoh masyarakat.

5

Pelaksana kegiatan akademik

Fakultas

  • Melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi Universitas yang berada di bawah rektor;
  • Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan;
  • Melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian;
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat;
  • Melaksanakan pengembangan dan kerja sama;
  • Membina sivitas akademika dan pegawai administrasi; dan
  • Melaksanakan urusan tata usaha fakultas

Program Pascasarjana

  • Melaksanakan kegiatan akademik di lingkungan Universitas dan mengoordinasikan semua program studi pascasarjana untuk menjamin baku mutu pendidikan;
  • Menyelenggarakan pendidikan magister yang pengelolaannya belum dapat diserahkan ke fakultas;
  • Mengoordinasikan kegiatan pendidikan magister  di lingkungan universitas;
  • Melaksanakan pengendalian mutu akademik jenjang magister ;

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

  • Merencanakan an mengarahkan integrasi penelitian Universitas
  • Mengkoordinasikan laboratorium riset untuk pendukung riset terpadu dan interdisiplin
  • Mengembangkan kerjasama penelitian dan pegabdian masyarakat dengan lembaga lain
  • Mengembangan dan menerapkan standar mutu penelitian dan akreditasi kompetensi sarana dan prasarana penelitian
  • Mengelola dan mengkoordinasikan proses pengusulan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  • Meningkatkan kualifikasi peneliti menjadi peneliti level internasional
  • Mengelola dan mendorong perolehan HAKI
  • Melaksanaan penilaian dan konsolidasi pusat-pusat penelitian/pusat studi yang dikelola untuk peningkatan relevansi, keberlangsungan, efisiensi dan akuntabilitas
  • Mengkoordinasikan pusat-pusat studi dan pusat penelitian yang dimiliki Universitas.
  • Merencanakan dan mengarahkan integrasi pemanfaatan hasil penelitian Universitas kepada masyarakat
  • Mengkoordinasikan kegiatan KKN

Lembaga Pengkajian Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPAIK)

  • Mengkoordinasikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan kurikuler dan pengkajian Al-Islam dan Kemuham­madiyahan secara inter dan antardisiplin di lingkungan universitas.
  • Mengelola proses kaderisasi muhammadiyah bagi mahaisswa sesuai kebijakan pembinaan persyarikatan
  • Membangun hubungan dengan persyarikatan untuk peningkatan kualitas dakwah kelembagaan
  • Mengembangkan dan menjalankan mekanisme pengawasan pelaksanaan keislaman di dalam kampus
  • Melakukan dan mengembangkan kerjasama regional dan internasional terkait dengan pengembangan islam
  • Mengelola zakat infaq dan shodaqoh civitas akademika
  • Mengelola masjid  kampus

Memberikan layanan sosial keagamaan kepada masyarakat seperti perawatan jenazah, dan lain-lain

Lembaga Etik dan Pengembangan Pendidikan (LEP2)

  • Memberi pertimbangan kepada Universitas, apabila terjadi pelanggaran kode etik moral dan akademik yang dilakukan oleh civitas akademika.
  • Menyusun kode etik dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa
  • Melakukan kajian dan studi efektifitas pembelajaan, kajian peningkatan dan pengembangan motivasi dan kinerja kependidikan
  • Mengembangkan model-model pembelajaran inovatif
  • Memberikan layanan pelatihan bagi peningkatan kualitas dosen dan tenaga kependidikan

6

Pelaksana administrasi, pelayanan dan pendukung

Sekretariat Rektor

  • Menyusun program kerja kesekretariatan Universitas
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan  kesekretariatan dan kearsipan pimpinan Universitas
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan kesekretariatan dan kearsipan senat universitas
  • Mengembangkan sistem adminsitrasi sekretariat universitas
  • Mengelola hubungan masyarakat dan keprotokolan serta menyebarluaskan
  • Memonitor kepatuhan kegiatan universitas terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengkoordinasikan penyusunan dan pelaksanaan peraturan Universitas
  • Mengkoordinasikan penyelesaikan berbagai persoalan hukum yang dihadapi Universitas
  • Menjadi penghubung dengan pihak luar (public relation) universitas
  • Mengelola kegiatan pencitraan universitas (image universitas)
  • Mengembangkan berbagai program pemasaran Universitas
  • Mengembangkan dan memelihara hubungan publik.

Biro Administrasi akademik dan Kemahasisaan (BAAK)

  • Menyusun Program Kerja BAAK
  • Mengelola layanan dan pengelolaan data transaksi akademik dan kemahasiswaan
  • Mempersiapkan penyusunan kalender akademik
  • Melaksanakan administrasi kelulusan  mahasiswa
  • Melaksanakan pelayanan administrasi  akademik dan kemahasiswaam
  • Melaksanakan pelaporam  kegiatan akademik secara berkala ke Kopertis/kopertais.
  • Melaksanakan program beasiswa
  • Melaksanakan administrasi alumni
  • Melaksanakan update data kelembagaan (ijin perguruan tinggi)

Biro Administrasi Keuangan (BAK)

  • Mengumpulkan dan menyusun pengusalan anggaran dari unit kerja
  • Melakukan pembayaran kepada unit kerja pengusul
  • Mengelola akuntansi universitas untuk meningkatkan akuntabilitas Universitas

Biro Administrasi Umum (BAU)

  • Mengelola procurement semua barang dan jasa yang dibutuhkan unit kerja
  • Melakukan pengawasan pemanfaatan aset yang dmiliki universitas
  • Mengembangkan dan mengelola sistem perawatan aset di semua unit kerja
  • Mengembangkan dan mengelola sistem dokumentasi dan arsip
  • Mengembangkan dan mengelola sistem keselamatan dan keamanan lingkungan kampus.

Biro Administrasi Sumber Daya Insani (BSDI)

  • Mengelola training dan edukasi bagi seluruh staf
  • Mengelola pengukuran kinerja dan melakukan evaluasi kinerja seluruh staf
  • Mengelola seleksi staf
  • Mengelola pengembangan karir bagi seluruh staf

7

Pelaksana penjaminan mutu

Pusat Penjaminan Mutu

  • Mengembangkan dan melaksanakan mekanisme monitoring dan evaluasi internal untuk memastikan akuntabilitas dan kualitas penyelengaraan universitas dan seluruh unit kerja
  • Mengembangkan dan melaksanakan proses akreditasi institusi kepada unit kerja
  • Menjadi penghubung universitas dengan lembaga sertifikasi dan akreditasi lain
  • Mengembangkan dan mengelola sistem mutu yang dibutuhkan oleh unit kerja untuk tercapainya kinerja  yang baik
  • Mengembangkan sistem pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan dan sumber daya lain
  • Melakukan audit keuangan internal secara periodik

8

Unit perencana dan pengembangan tridarma

Tim Perencanaan dan Pengembangan Unit Bisnis

  • Menyusun dokumen-dokumen strategis seperti: renstra, blueprint pengembangan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Rencana Induk pengembangan universitas
  • Menyusun rencana pengembangan unit bisnis universitas