masih proses perbaikan...

STRUKTUR ORGANISASI

Universitas Muhammadiyah Surabaya


PIMPINAN UNIVERSITAS

              

BAGAN ORGANISASI

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

No.

Nama Generik Unit

Nama Unit di Perguruan Tinggi

Tugas Pokok dan  Fungsi

(1)

(2)

(3)

(4)

1

Pimpinan institusi

Rektor

  • Memimpin pembinaan Al Islam dan kemuhammadiyahan pada sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Memimpin pelaksanaa pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat
  • Penanggung jawab utama dalam melaksanakan arahan, kebijakan umum, dan menetapkan peraturan serta norma di Universitas Muhammadiyah dengan pertimbangan senat Universitas

Wakil Rektor 1

(bidang akademik)

  • Mengoordinasikan, memfasilitasi dan memotivasi penyelenggaraan kegiatan akademik (pendidikan dan pembelajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat);
  • Mengendalikan mutu hasil kegiatan akademik;
  • Memfasilitasi pengembangan strategi pembelajaran;
  • Melaksanakan peningkatan dan pengembangan kualitas dosen

Wakil Rektor 2

(bidang administrasi umum, SDM dan keuangan)

  • Mengelola aset dan segala sarana dan prasarana Universitas Muhammadiyah Surabaya untuk menunjang penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan;
  • Mengelola sumber daya keuangan dan sumber daya manusia untuk mendukung kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan;
  • Memfasilitasi dan mendukung upaya pembinaan karir dosen dan staf administrasi
  • Merencanakan dan mendukung upaya perencanaan dan pengembangan Universitas dalam hal fisik, akademik, SDM dan keuangan dalam rangka pencapaian visi dan misi sesuai Renstra

Wakil Rektor 3

(bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama)

  • Membina dan fasilitasi kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan penalaran, bakat, minat dan kesejahteraan mahasiswa (beasiswa), serta alumni;
  • Membina kegiatan mahasiswa dalam rangka terciptanya kultur akademik;
  • Mengupayakan peningkatan sumber daya untuk mendukung proses akademik mahasiswa
  • Membina dan mengembangkan hubungan kerjasama Universitas  dengan pemangku kepentingan dalam rangka pengembangan Universitas

2

Senat perguruan tinggi/senat akademik

Senat Universitas

  • Merumuskan kebijakan akademik dan perkembangan universitas;
  • Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian sivitas akademika sesuai tuntunan islam;
  • Merumuskan norma dan tolok ukur penyelenggaraan universitas;
  • Memberikan persetujuan atas rencana anggaran pendapatan dan belanja universitas yang diajukan oleh rektor;
  • Menilai pertanggungjawaban rektor atas kebijakan yang telah ditetapkan.
  • Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan universitas;
  • Memilih dan memberikan pertimbangan terhadap calon rektor;
  • Memberikan pertimbangan terhadap calon wakil rektor dan calon direktur program pasca sarjana dari aspek kepemimpinan;
  • Menegakkan norma-norma yang berlaku bagi sivitas akademika;
  • Mengukuhkan pemberian gelar doktor kehormatan dari universitas;
  • Melakukan pengawasan pelaksanaan angaran pendapatan belanja universitas;
  • Memberikan pertimbangan kepada menteri Pendidikan dan Kebudayaan berkaitan dengan pegusulan dosen untuk mendapatkan jabatan lektor kepala dan guru besar.

3

Satuan pengawasan

Satuan Pengawasan Internal

  • Menyusun program pengawasan bidang non akademik;
  • Melaksanakan pengawasan kebijakan dan program non akademik;
  • Melaksanakan pengawasan pengelolaan kepegawaian, keuangan, dan barang;
  • Memantau dan mengkoordinasikan tindak lanjut hasil pemeriksaan internal dan eksternal;
  • Melakukan pendampingan dan telaah laporan keuangan;
  • Memberi saran dan rekomendasi atas hasil audit kepada rektor;
  • Menyusun laporan hasil pengawasan; dan
  • Melaksanakan evaluasi hasil pengawasan

4

Dewan pertimbangan

Dewan Penyantun

  • Memberikan pertimbangan dalam memecahkan permasalahan universitas yang anggotanya terdiri atas tokoh-tokoh masyarakat.

5

Pelaksana kegiatan akademik

Fakultas

  • Melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi Universitas yang berada di bawah rektor;
  • Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan;
  • Melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian;
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat;
  • Melaksanakan pengembangan dan kerja sama;
  • Membina sivitas akademika dan pegawai administrasi; dan
  • Melaksanakan urusan tata usaha fakultas

Program Pascasarjana

  • Melaksanakan kegiatan akademik di lingkungan Universitas dan mengoordinasikan semua program studi pascasarjana untuk menjamin baku mutu pendidikan;
  • Menyelenggarakan pendidikan magister yang pengelolaannya belum dapat diserahkan ke fakultas;
  • Mengoordinasikan kegiatan pendidikan magister  di lingkungan universitas;
  • Melaksanakan pengendalian mutu akademik jenjang magister ;

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

  • Merencanakan an mengarahkan integrasi penelitian Universitas
  • Mengkoordinasikan laboratorium riset untuk pendukung riset terpadu dan interdisiplin
  • Mengembangkan kerjasama penelitian dan pegabdian masyarakat dengan lembaga lain
  • Mengembangan dan menerapkan standar mutu penelitian dan akreditasi kompetensi sarana dan prasarana penelitian
  • Mengelola dan mengkoordinasikan proses pengusulan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  • Meningkatkan kualifikasi peneliti menjadi peneliti level internasional
  • Mengelola dan mendorong perolehan HAKI
  • Melaksanaan penilaian dan konsolidasi pusat-pusat penelitian/pusat studi yang dikelola untuk peningkatan relevansi, keberlangsungan, efisiensi dan akuntabilitas
  • Mengkoordinasikan pusat-pusat studi dan pusat penelitian yang dimiliki Universitas.
  • Merencanakan dan mengarahkan integrasi pemanfaatan hasil penelitian Universitas kepada masyarakat
  • Mengkoordinasikan kegiatan KKN

Lembaga Pengkajian Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPAIK)

  • Mengkoordinasikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan kurikuler dan pengkajian Al-Islam dan Kemuham­madiyahan secara inter dan antardisiplin di lingkungan universitas.
  • Mengelola proses kaderisasi muhammadiyah bagi mahaisswa sesuai kebijakan pembinaan persyarikatan
  • Membangun hubungan dengan persyarikatan untuk peningkatan kualitas dakwah kelembagaan
  • Mengembangkan dan menjalankan mekanisme pengawasan pelaksanaan keislaman di dalam kampus
  • Melakukan dan mengembangkan kerjasama regional dan internasional terkait dengan pengembangan islam
  • Mengelola zakat infaq dan shodaqoh civitas akademika
  • Mengelola masjid  kampus

Memberikan layanan sosial keagamaan kepada masyarakat seperti perawatan jenazah, dan lain-lain

Lembaga Etik dan Pengembangan Pendidikan (LEP2)

  • Memberi pertimbangan kepada Universitas, apabila terjadi pelanggaran kode etik moral dan akademik yang dilakukan oleh civitas akademika.
  • Menyusun kode etik dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa
  • Melakukan kajian dan studi efektifitas pembelajaan, kajian peningkatan dan pengembangan motivasi dan kinerja kependidikan
  • Mengembangkan model-model pembelajaran inovatif
  • Memberikan layanan pelatihan bagi peningkatan kualitas dosen dan tenaga kependidikan

6

Pelaksana administrasi, pelayanan dan pendukung

Sekretariat Rektor

  • Menyusun program kerja kesekretariatan Universitas
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan  kesekretariatan dan kearsipan pimpinan Universitas
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan kesekretariatan dan kearsipan senat universitas
  • Mengembangkan sistem adminsitrasi sekretariat universitas
  • Mengelola hubungan masyarakat dan keprotokolan serta menyebarluaskan
  • Memonitor kepatuhan kegiatan universitas terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengkoordinasikan penyusunan dan pelaksanaan peraturan Universitas
  • Mengkoordinasikan penyelesaikan berbagai persoalan hukum yang dihadapi Universitas
  • Menjadi penghubung dengan pihak luar (public relation) universitas
  • Mengelola kegiatan pencitraan universitas (image universitas)
  • Mengembangkan berbagai program pemasaran Universitas
  • Mengembangkan dan memelihara hubungan publik.

Biro Administrasi akademik dan Kemahasisaan (BAAK)

  • Menyusun Program Kerja BAAK
  • Mengelola layanan dan pengelolaan data transaksi akademik dan kemahasiswaan
  • Mempersiapkan penyusunan kalender akademik
  • Melaksanakan administrasi kelulusan  mahasiswa
  • Melaksanakan pelayanan administrasi  akademik dan kemahasiswaam
  • Melaksanakan pelaporam  kegiatan akademik secara berkala ke Kopertis/kopertais.
  • Melaksanakan program beasiswa
  • Melaksanakan administrasi alumni
  • Melaksanakan update data kelembagaan (ijin perguruan tinggi)

Biro Administrasi Keuangan (BAK)

  • Mengumpulkan dan menyusun pengusalan anggaran dari unit kerja
  • Melakukan pembayaran kepada unit kerja pengusul
  • Mengelola akuntansi universitas untuk meningkatkan akuntabilitas Universitas

Biro Administrasi Umum (BAU)

  • Mengelola procurement semua barang dan jasa yang dibutuhkan unit kerja
  • Melakukan pengawasan pemanfaatan aset yang dmiliki universitas
  • Mengembangkan dan mengelola sistem perawatan aset di semua unit kerja
  • Mengembangkan dan mengelola sistem dokumentasi dan arsip
  • Mengembangkan dan mengelola sistem keselamatan dan keamanan lingkungan kampus.

Biro Administrasi Sumber Daya Insani (BSDI)

  • Mengelola training dan edukasi bagi seluruh staf
  • Mengelola pengukuran kinerja dan melakukan evaluasi kinerja seluruh staf
  • Mengelola seleksi staf
  • Mengelola pengembangan karir bagi seluruh staf

7

Pelaksana penjaminan mutu

Pusat Penjaminan Mutu

  • Mengembangkan dan melaksanakan mekanisme monitoring dan evaluasi internal untuk memastikan akuntabilitas dan kualitas penyelengaraan universitas dan seluruh unit kerja
  • Mengembangkan dan melaksanakan proses akreditasi institusi kepada unit kerja
  • Menjadi penghubung universitas dengan lembaga sertifikasi dan akreditasi lain
  • Mengembangkan dan mengelola sistem mutu yang dibutuhkan oleh unit kerja untuk tercapainya kinerja  yang baik
  • Mengembangkan sistem pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan dan sumber daya lain
  • Melakukan audit keuangan internal secara periodik

8

Unit perencana dan pengembangan tridarma

Tim Perencanaan dan Pengembangan Unit Bisnis

  • Menyusun dokumen-dokumen strategis seperti: renstra, blueprint pengembangan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Rencana Induk pengembangan universitas
  • Menyusun rencana pengembangan unit bisnis universitas